10 Orang Terkaya di Dunia Agustus 2024, Bos Zara Masuk Jadi Nama Baru

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMemasuki akhir Agustus 2024, majalah upaya ternama dari Amerika Serikat, Forbes kembali memperbarui daftar orang terkaya di bumi melalui situs resminya, Forbes Real Time Billionaires. Tidak ada banyak perubahan dari ranking daftar orang tertajir di bumi pada bulan ini. 

Kendati demikian, Amancio Ortega menjadi nama baru nan sukses masuk daftar 10 teratas taipan dunia. Bos dari merek busana terkenal Zara itu sukses menyalip mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer dari ranking ke sepuluh.

Lantas siapa saja daftar orang terkaya di bumi Agustus 2024? Berikut rangkuman info selengkapnya.

1. Elon Musk

Pengusaha pertama nan menduduki posisi teratas dalam daftar orang terkaya di bumi periode Agustus 2024 tetap diduduki oleh Elon Musk. Dia adalah CEO perusahaan mobil listrik ternama di dunia, Tesla. Per 27 Agustus 2024, kekayaan kekayaannya mencapai US$ 243,2 miliar. 

Konglomerat asal Amerika Serikat ini juga merupakan CEO di perusahaan roket swasta, SpaceX, dan perusahaan media sosial X, nan sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Selain menjadi pemimpin di dua perusahaan itu, Elon juga mempunyai saham di keduanya.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon. Dia berada di ranking kedua dengan kekayaan kekayaan mencapai US$ 194,2 miliar. Dia pernah menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut hingga Juli 2021. Namun, dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai CEO dan menjabat sebagai Chairman Amazon.

Jeff Bezos juga mempunyai perusahaan media, The Washington Post, dan Blue Origin, sebuah perusahaan luar angkasa nan mengembangkan roket. Dia apalagi sempat terbang ke luar angkasa pada Juli 2021.

3. Bernard Arnault & Keluarga

Bernard Arnault dan Keluarga adalah pemilik perusahaan konglomerasi Moet Hennessy Louis Vuitton alias nan dikenal juga dengan LVMH. Pada periode ini, jumlah kekayaan Bernard Arnault adalah US$ 193,8 miliar.

Adapun LVMH mengelola sekitar 70 merek fashion dan kosmetik ternama di dunia. Beberapa nan paling terkenal adalah Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, dan Sephora. Pada Januari 2021, LVMH juga mengakuisisi perusahaan perhiasan Tiffany & Co. senilai $15,8 miliar. 

4. Mark Zuckerberg

Orang terkaya di bumi selanjutnya adalah Mark Zuckerberg. Dia merupakan pengusaha asal Amerika Serikat nan memulai bisnisnya ketika tetap berumur 19 tahun. Saat itu, dia membikin sebuah platform media sosial berjulukan FB pada 2004. 

Seiring berjalannya waktu, upaya Mark semakin berkembang dan sekarang telah mempunyai beberapa platform baru dalam naungan induk perusahaan nan didirikannya, ialah Meta. Platform media sosial tersebut adalah Instagram, WhatsApp, dan Threads. Total kekayaan nan sukses dikumpulkan Mark saat ini sebesar US$ 180,5 miliar.

5. Larry Ellison

Pengusaha nan satu ini adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle pada 1977. Dia pernah menjabat sebagai CEO Oracle selama 37 tahun, hingga 2014 lalu. Tetapi, sekarang dia menjabat sebagai Ketua dan Chief Technology Officer (CTO) di perusahaan tersebut. 

Selain itu, taipan asal Amerika Serikat ini juga merambah ke bumi investasi dengan mempunyai saham besar di perusahaan milik Elon Musk, Tesla. Dia apalagi pernah menjabat sebagai majelis dewan Tesla pada 2018-2020. Total kekayaan Larry Ellison saat ini adalah US$ 172,1 miliar.

6. Warren Buffett

Dikenal sebagai ‘Oracle of Omaha’, Warren Buffett adalah salah satu penanammodal paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan upaya konglomerasi investasi di perusahaan Berkshire Hathaway nan mempunyai banyak bagian perusahaan. 

Iklan

Mulai dari penyedia asuransi Geico, jaringan restoran Dairy Queen, hingga produsen baterai Duracell. Jumlah  kekayaannya saat ini adalah US$ 143 miliar.

7. Larry Page

Larry Page merupakan salah satu pendiri Google pada 1998, berbareng rekan kuliahnya di Stanford, Sergey Brin. Keduanya kemudian sukses menemukan algoritma PageRank Google, nan menggerakkan mesin pencari tersebut. 

Dia pun pernah menjabat sebagai CEO Google hingga 2001. Namun, dia kemudian menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk baru Google, hingga 2019.

Di tahun itu, Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, namun tetap menjabat sebagai personil majelis dan pemegang saham pengendali perusahaan tersebut. Per 27 Agustus 2024, jumlah kekayaan kekayaan Larry Page mencapai US$ 138,3 miliar. 

8. Bill Gates

Pendiri dan mantan CEO Microsoft ini adalah salah satu pengusaha sukses nan selama 25 tahun ini selalu masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. 

Selain mendapat penghasilan dari perusahaan buatannya, Microsoft, Bill Gates juga mempunyai banyak investasi di beberapa perusahaan lain. Tak heran kekayaan kekayaannya saat ini mencapai US$ 122 miliar.

9. Sergey Brin

Sergey Brin adalah kawan Larry Page nan ikut mendirikan perusahaan mesin pencari populer, Google. Pada Desember 2019, Brin mengundurkan diri sebagai Presiden Alphabet. 

Meski begitu, dia tetap menjadi pemegang saham pengendali dan personil majelis dewan Alphabet. Adapun kekayaan kekayaannya Sergey Brin adalah sebesar US$ 132,4 miliar.

10. Amancio Ortega

Nama baru di daftar orang terkaya di bumi pada Agustus 2024 adalah Amancio Ortega. Pengusaha asal Spanyol ini sukses dengan upaya pakaiannya, Zara. Dia pada awalnya mendirikan Inditex pada 1975 dan menjadi jaringan upaya dari Zara. 

Di bawah perusahaan itu, Ortega juga mempunyai delapan merek busana ternama lainnya, termasuk Massimo Dutti dan Pull & Bear, serta 7.500 toko di seluruh dunia. Dia juga menginvestasikan kekayaannya di real estate di Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami dan New York. Harta kekayaannya sekarang tercatat senilai US$ 123,1 miliar.

FORBES | TEMPO.CO | ANDIKA DWI, berkontribusi dalam tulisan ini.

Pilihan Editor: Setahun Threads Punya 200 Juta Pengguna, Mark Zuckerberg Menargetkan 1 Miliar

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis