Sempat Ditutup untuk Acara HUT TNI, Kunjungan Masyarakat ke IKN Kembali Dibuka Hari Ini

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kunjungan masyarakat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali dibuka hari ini, Senin, 7 Oktober 2024. Sebelumnya, pada Sabtu-Minggu kemarin, kunjungan ditutup lantaran ada aktivitas Nusantara TNI Fun Run dalam rangka seremoni HUT TNI ke-79.

“Masyarakat dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi IKNOW untuk memastikan kunjungan nan tertib dan terorganisir,” kata Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw melalui keterangan tertulis, dikutip Tempo pada Senin, 7 Oktober 2024.

Sebelumnya diberitakkan, Otorita IKN membuka Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa untuk umum sejak Senin, 16 September 2024. Masyarakat nan sudah mendaftar melalui aplikasi IKNOW dapat berjamu ke IKN setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WITA.

Menurut Troy, kunjungan ke IKN dibuka untuk memberi kesempatan bagi masyarakat nan mau memandang langsung pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Namun, kunjungan ini terbatas dengan kuota maksimal 300 orang per hari. Alasannya, pembangunan IKN tetap berlangsung.

“Kami mempertimbangkan aspek keamanan, ketertiban, dan keselamatan,” kata Troy melalui keterangan tertulis, Ahad, 15 September 2024.

Adapun berikut tata langkah kunjungan ke IKN bagi masyarakat umum:

  1. Pengunjung wajib terlebih dulu untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan ke Nusantara
  2. Titik parkir kendaraan visitor sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (samping RS Hermina)
  3. Di titik kumpul visitor wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW nan sah kepada petugas liaison officers (LO)
  4. Setelah pemeriksaan, visitor didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan electric vehicle (EV) bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. Perjalanan ini ditempuh dengan lama 10 menit
  5. Pengunjung bakal turun di Halte Plaza Seremoni Barat. di mana pengunjung dapat mengunjungi Plaza Seremoni di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa di sebelah barat
  6. Di Plaza Seremoni, visitor dapat menikmati beragam akomodasi seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center
  7. Di Taman Kusuma Bangsa, visitor juga dapat memandang sejumlah landmark krusial dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni
  8. Pengunjung dapat kembali ke Rest Area alias Simpang Trunen menggunakan kendaraan listrik bus nan melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.

Pilihan Editor: Turun Rp 4.000, Harga Emas Antam Hari Ini Rp 1.478.000 per Gram

    Selengkapnya
    Sumber Tempo.co Bisnis
    Tempo.co Bisnis