10 Orang Terkaya di Korea Selatan versi Forbes Mei 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaDeretan konglomerat Korea Selatan mencatatkan kekayaan bersih nan meningkat pada  Mei 2024, dibanding periode sebelumnya. Hal ini dapat dilihat pada daftar ranking orang terkaya di Negeri Ginseng berasas situs majalah upaya Amerika Serikat, Forbes.

Menurut situs Real Time Billionaires, tiga petinggi perusahaan teknologi Samsung sukses masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Korea Selatan pada Mei 2024. 

Selain itu, dua pebisnis dari perusahaan otomotif ternama, Hyundai turut meramaikan daftar orang paling tajir di negara nan terkenal dengan musik dan dramanya tersebut.

Lantas, siapa saja orang terkaya di Korea Selatan jenis Forbes Mei 2024? Simak rangkuman info selengkapnya berikut ini.

Daftar Orang Terkaya di Korea Selatan

1. Jay Y. Lee (US$ 11,1 Miliar)

Orang terkaya di Korea Selatan nan pertama adalah Jay Y. Lee. Dia adalah pewaris Samsung nan menjabat sebagai ketua pelaksana Samsung Electronics sejak Oktober 2022. Sebelumnya, posisi tersebut kosong setelah kematian ayahnya, Lee Kun Hee, pada 2020 lalu.

Pada Februari 2024, Lee dibebaskan dari tuduhan manipulasi saham mengenai merger tahun 2015 antara dua hubungan Samsung. Kala itu, jaksa menilai manipulasi saham tersebut dapat membantu Lee memperkuat kendali atas konglomerasi Samsung. 

Dia sudah dua kali dipenjara lantaran tuduhan menyuap orang kepercayaan mantan Presiden Park Geun Hye pada 2017 dan 2021.

2. Seo Jung Jin (US$ 7,6 Miliar)

Seo Jung hantu adalah salah satu pendiri Celltrion, sebuah perusahaan biofarmasi. Perusahaan ini memproduksi obat-obatan untuk mengobati kanker, influenza, dan arthritis rheumatoid. 

Dia memulai upaya Celltrion Inc ini pada 2002 silam dan membawanya ke publik pada 2008. Dengan kesuksesan biosimilar di Korea Selatan, Celltrion milik Seo Jung Jin menjadi favorit penanammodal di negara tersebut.

3. Cho Jung Ho (US$ 6 Miliar)

Cho Jung Ho adalah ketua Meritz Financial Group. Ini merupakan perusahaan nan bergerak dalam pengelolaan anak perusahaan di sektor asuransi dan keuangan. Dia adalah anak bungsu dari empat berkerabat dari Cho Choong Hoon, mendiang pendiri Hanjin Group, perusahaan induk Korean Air.

Dia bekerja untuk Korean Airlines di Eropa dan kembali ke negaranya pada tahun 1989. Dia kemudian bekerja sebagai kepala di Hanjin Investment & Securities, nama awal Meritz Financial Group saat itu.

4. Mong Koo Chung (US$ 4,5 Miliar)

Mong Koo Chung adalah ketua Hyundai Motor, produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Dia menduduki posisi tersebut selama lebih dari 20 tahun, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada Maret 2020.

Dia adalah putra kedua mendiang Chung Ju Yung nan berasal dari family petani. Namun, mereka kemudian sukses mendirikan Grup Hyundai dan pernah menjadi konglomerasi terbesar di Korea. Dia juga mempunyai saham besar di perusahaan suku cadang mobil publik Hyundai Mobis.

5. Hong Ra Hee (US$ 4,3 Miliar)

Orang terkaya di Korea Selatan selanjutnya adalah Hong Ra Hee. Dia merupakan mantan istri dari mendiang Ketua Grup Samsung Lee Kun Hee. 

Dia tercatat pernah menjadi kepala Samsung Museum of Art, nan dikenal sebagai Leeum, dan Ho Am Art Museum. Namun, dia mengundurkan diri dari posisinya pada 2017.

6. Kim Beom Su (US$ 4,2 Miliar)

Taipan asal Korea Selatan nan satu ini merupakan pendiri Kakao, aplikasi perpesanan terbesar di Korea Selatan. Aplikasi itu dipasang di 90 persen ponsel pandai di negara tersebut. 

Iklan

Pada Maret 2022, Kim Beom Su mengundurkan diri sebagai ketua dan meninggalkan posisi di majelis dewan Kakao. Selain aplikasi perpesanan, puluhan juta pengguna Kakao juga menggunakan aplikasi ini untuk bermain game, berbelanja, dan mengobrol.

7. Kwak Dong Shin (US$ 3,6 Miliar)

Kwak Dong Shin adalah wakil ketua dan CEO sekaligus pemegang saham terbesar Hanmi Semiconductor, produsen peralatan semikonduktor di Korea Selatan. 

Hanmi Semiconductor memproduksi peralatan nan digunakan dalam pengemasan semikonduktor, salah satu tahap akhir produksi chip.

Kwak berasosiasi dengan Hanmi Semiconductor pada tahun 1998 dan menjadi CEO pada tahun 2007. 

Dia juga mempunyai saham mini namun berbobot di HPSP, produsen peralatan semikonduktor presisi tinggi, nan terdaftar pada tahun 2022.

8. Euisun Chung (US$ 3,5 Miliar)

Konglomerat nan satu ini sebagian besar kekayaannya berasal dari pembuatan suku cadang mobil Hyundai Glovis. 

Euisun Chung ditunjuk sebagai ketua Hyundai Motor pada Maret 2020, menggantikan ayahnya, Mong Koo Chung, nan pensiun dari majelis direksi. Dia juga tercatat sebagai presiden Kia dari tahun 2005 hingga 2009. 

Di perusahaan itu, Euisun Chung mengembangkan merek mobil anak perusahaannya lebih sigap daripada Hyundai Motor.

9. Kwon Hyuk Bin (US$ 3,4 Miliar)

Pada 2002, Kwon Hyuk Bin mendirikan perusahaan game berjulukan Smilegate. Seiring dengan berjalannya waktu, dia sukses menjadikan Smilegate sebagai salah satu perusahaan game paling sukses di Korea Selatan.

Smilegate melakukan kemitraan dengan raksasa internet Tiongkok, Tencent pada 2008. Mereka kemudian merilis titel game terpopulernya, CrossFire. Kwon Hyuk Bin juga mendirikan sekolah di Tiongkok dan Vietnam melalui Smilegate Foundation.

10. Lee Boo Jin (US$ 2,7 Miliar)

Orang terkaya di korea Selatan selanjutnya adalah Lee Boo Jin. Dia merupakan presiden dan kepala pelaksana Hotel Shilla, salah satu pusat penginapan dan konvensi terbaik di Seoul. Hotel Shilla juga merupakan operator bebas bea terbesar di negara itu setelah Lotte.

Lee Boo Jin juga menjabat sebagai penasihat di departemen perdagangan Samsung C&T, perusahaan induk de facto keluarganya. 

Sebagai putri mendiang kepala family Samsung Group Lee Kun-hee, dia membagi kerajaan upaya ayahnya dengan ibunya Hong Ra Hee, kerabat laki-laki Jay Y. dan kerabat wanita Seo Hyun.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Daftar 12 Orang Terkaya di Indonesia April 2024 jenis Forbes, Prajogo Pangestu Tetap Jawara

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis