190 Capim KPK Gugur Tes Tulis, 40 Orang Lanjut Asesmen Profil

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 13:25 WIB

Sebanyak 40 capim KPK dan 40 calon personil Dewas KPK lolos seleksi tes tulis. Berikutnya, mengikuti asesmen profil. Ilustrasi. Sebanyak 40 capim KPK dan 40 calon personil Dewas KPK lolos seleksi tes tulis. Berikutnya, mengikuti asesmen profil. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) mengumumkan 190 orang gugur di tahap tes tertulis.

Selain itu, ada 102 calon personil Dewan Pengawas KPK yang kandas di tahap tersebut. Nama-nama peserta nan lolos bakal diumumkan siang ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Diikuti oleh calon ketua KPK sebanyak 230 orang dan calon majelis pengawas KPK sebanyak 142 orang. Dari jumlah peserta nan tes tertulis tersebut, kami menyatakan lulus masing-masing sebanyak 40 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yusuf Ateh di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (8/8).

Delapan puluh peserta itu wajib mengikuti tahap berikutnya, ialah seleksi asesmen profil. Seleksi ini bakal digelar pada 28 dan 29 Agustus.

Selama masa tunggu, Pansel Capim KPK menerima masukan masyarakat mengenai nama-nama itu. Masukan bisa dikirim melalui website manajemen panitia seleksi elektronik pada situs Kementerian Sekretariat Negara.

"Kami sekali lagi panitia seleksi mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta calon ketua dan majelis pengawas KPK nan dinyatakan lulus," ujarnya.

Proses seleksi calon ketua dan personil Dewan Pengawas KPK ini dilakukan menjelang akhir masa kedudukan Nawawi Pamolango dan kawan-kawan.

Di tahap akhir seleksi, pansel bakal menyetor 10 nama capim dan 10 nama calon personil dewas KPK ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama-nama itu kemudian dikirim ke DPR untuk uji kepatutan dan kelayakan.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional