44 Warga Banjarmasin Masuk RSJ Gara-gara Mabuk Kecubung, 2 Tewas

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 13:19 WIB

Sebanyak 44 penduduk dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalsel, diduga lantaran mabuk kecubung. Dua orang di antaranya meninggal dunia. Sebanyak 44 penduduk dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalsel, diduga lantaran mabuk kecubung. iStockphoto/MD Shahjehan

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 44 penduduk dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), diduga lantaran mabuk kecubung. Dua orang di antaranya meninggal dunia.

"Update per hari ini (Kamis) itu sekitar 44 pasien, kemudian terdata sementara wanita ada 3 orang dan sampai detik ini ada dua nan meninggal, mudah-mudahan tidak terdampak lagi," kata Kasi Humas dan Informasi RSJ Sambang Lihum, Budi Harmanto seperti dikutip detikSulsel, Kamis (11/7).

Budi mengatakan para pasien tersebut mulai masuk ke rumah sakit pada Jumat (5/7). Dia menyebut 9 pasien menjalani rawat jalan, sementara lainnya rawat inap.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mereka masuk mulai berdatangan dari hari Jumat, dan sampai hari ini ada 44 pasien itu kisaran umur dari 20 sampai 55 tahun. 9 orang rawat jalan, sisanya rawat inap," bebernya.

Dia mengungkap para pasien nan dirawat semuanya mengalami fatamorgana hebat. Sehingga, kata Budi, master nan menangani memberikan obat penenang.

"Makanya lantaran tingkat dosis masing-masing berbeda jadi ada nan tidak sadarkan diri, ada nan meninggal, ada nan tetap sadar tapi meracau (berbicara sendiri), jadi dari master memberikan obat penenang," jelasnya.

Disinggung mengenai adanya dugaan pencampuran kecubung dengan unsur lain, Budi enggan memberikan penjelasan lebih jauh. Namun, dia menduga beberapa pasien memang mencampur kecubung dengan obat-obatan hingga minuman keras.

Berita selengkapnya di sini.

(Tim)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional