47.495 Pangkalan LPG Subsidi Milik Pertamina untuk Layani Banten, Jawa Barat dan Jakarta

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Bandung - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melayani pengedaran bahan bakar minyak dan elpiji di tiga provinsi, ialah Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Officer Communication Relation Regional Jawa Barat Pertamina Patra Niaga, Gayuh Mustiko Jati, menyatakan, jaringan pengedaran daya di tiga provinsi itu terdiri dari 41 kabupaten terdiri dari 1.646 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), 206 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), 3 SPBE Industri, 1.557 pemasok LPG Public Service Obligation (PSO) alias subsidi, 259 pemasok LPG non-PSO, dan 47.495 pangkalan LPG PSO.

"Kami mempunyai 9 terminal BBM, ada 4 terminal Elpiji, 5 aviation fuel terminal, alias dulu familiar dengan depo pengisian pesawat udara," kata Gayuh menjelaskan jumlah penyalur BBM dan Elpiji di Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 23 September 2024.

Dia mengatakan, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat ini mempunyai enam area pemasaran. Wilayah pengedaran itu terdiri dari Banten, Jabodetabek, Sukabumi, Karawang, Bandung, dan Cirebon. "Untuk pengedaran regionalnya, seperti (fuel terminal) Jakarta, terdapat di wilayah Plumpang dan Tanjung Priok," kata dia.

Iklan

Selain itu terminal bahan bakar minyak Tanjung Gerem di Cilegon, terminal Cikampek di Karawang, terminal bahan bakar Bandung Grup di Ujung Berung dan Padalarang, terminal Tasikmalaya, dan Integrasi Terminal Balongan di Indramayu. Patra Niaga, kata dia, bekerja mendistribusikan daya ke sejumlah sektor, seperti ritel, industri, aviasi, dan maritim.

Gayuh mengatakan, Pertamina Patra Niaga merupakan Subholding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero). Patra Niaga menjalankan rantai aktivitas upaya hilir Pertamina mulai dari penerimaan, penimbunan, dan penyaluran produk BBM, LPG, pelumas, dan petrokimia. "Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun di luar negeri," ujarnya.

Pilhan Editor: Dua Pekan Sekali LNG Tangguh Suplai Gas Cair ke PLTGU Jawa I Cilamaya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis