Afriansyah Noor Tahu Dipecat dari PBB saat Dinas di Swiss

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengaku mengetahui berita pemecatan dirinya dari posisi Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) ketika sedang menjalankan tugas dinas di Jenewa, Swiss.

Dalam video nan diunggah di Tiktok, laki-laki dengan sapaan berkawan Ferry Noor itu mengungkapkan bahwa dirinya telah dicopot dari kedudukan Sekjen PBB sejak 12 Juni lalu. Pencopotan itu dilakukan saat dia sedang menghadiri Konferensi Perburuhan Internasional (ILO) di Swiss.

"Per tanggal 12 Juni 2024 kemarin, saya sudah diberhentikan dengan beberapa kawan-kawan sebagai pengurus PBB dan buletin ini saya terima ketika saya sedang berada dan dinas di konvensi ILO di Jenewa, Swiss," kata Ferry, dalam video nan diunggah, Minggu (16/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ferry mengaku diberhentikan oleh Yusril Ihza Mahendra dan rekan-rekan lainnya. Yusril sendiri sudah mundur dari kedudukan sebagai Ketua Umum PBB sejak 18 Mei lalu.

"Dan sebagai orang nan sudah diberhentikan oleh PBB, khususnya Pak Yusril dan teman-teman, saya mengucapkan ribuan terima kasih. Dan tepatnya juga hari ini tanggal 15 Juni, 2 tahun saya mengabdi sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja di pemerintahan Bapak Joko Widodo. Semua ini saya lakukan sebagai amanah nan diberikan oleh partai, baik itu sebagai lembaga partai maupun pribadi," ujar Ferry.

Ferry mengatakan, kebersamaannya dengan PBB selama kurang lebih 27 tahun ini sangat berkesan untuknya. Namun sayang, suka duka nan dia jalani berbareng partai berhujung sampai di sini.

Oleh karena itu, dia berujar sepulangnya dari Swiss, dia bakal berjumpa dengan sejumlah kawan untuk mendiskusikan langkah selanjutnya, termasuk langkah hukum.

"Sepulang dari dinas dari luar negeri, saya mungkin bakal berkumpul dengan beberapa teman-teman untuk berbincang dan mengambil langkah-langkah apakah itu untuk norma alias seperti apa baiknya, untuk kebaikan saya pribadi maupun kebaikan PBB ke depan," ucapnya.

Sebagai penutup, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus PBB di Indonesia. Ia berpesan kepada rekan-rekan sejawat agar terus semangat dan berjuang di mana pun mereka berada.

"Tetaplah semangat di mana pun kita berada, tetap berjuang selalu. Insya Allah, Allah Tuhan nan Maha Kuasa meridai langkah-langkah perjuangan kita semua," tutur Ferry.

Demonstrasi ratusan kader PBB di depan gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (1/3).Ilustrasi. Wamenaker Afriansyah Noor dipecat dari jabatannya sebagai Sekjen PBB. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Ketua Umum DPP PBB Fahri Bachmid mengakui Afriansyah Noor telah dicopot dari jabatannya sebagai Sekjen PBB. Langkah itu diambil setelah dirinya terpilih sebagai Pj Ketum PBB dalam Musyawarah Dewan Partai (MDP) PBB.

"Telah mengambil beragam kebijakan serta langkah-langkah organisatoris untuk kepentingan penataan dan konsolidasi internal partai, termasuk melakukan replacement alias refreshment dan arrangement terhadap beberapa posisi kedudukan tertentu di DPP PBB, termasuk posisi sekjen," kata Fahri kepada CNNIndonesia.com, Minggu (16/6).

Fahri lantas menunjuk Ketua DPW PBB Jawa Timur Mohammad Masduki sebagai pengganti Afriansyah untuk mengisi posisi Sekjen PBB.

Fahri mengklaim, penggantian posisi sekjen alias pengurus dalam struktur partai adalah perihal nan lumrah terjadi. Dia berujar, kebijakan nan diambil berasas aspek legal prosedural sesuai sistem Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ART) PBB nan berlaku.

Ia beralasan, salah satu pertimbangan pencopotan Afriansyah untuk kepentingan serta kebutuhan percepatan konsolidasi internal partai menghadapi beberapa agenda strategis nasional, termasuk penyelenggaraan Pilkada 2024.

(blq/asr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional