Ahmad Luthfi dan Kaesang Teratas Top of Mind Cagub Jateng Versi LSI

Sedang Trending 1 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan Ketua Umum PSI sekaligus anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi bersaing di papan atas sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan pada simulasi top of mind calon gubernur, kebanyakan pemilih belum menentukan pilihan. Kesimpulan itu diketahui dari 78,7 persen responden menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, Ahmad Luthfi menduduki posisi teratas sosok paling banyak dipilih dengan 5,2 persen. Lalu disusul Kaesang Pangarep 2,5 persen, Sudaryono 2,1 persen, Bambang Wuryanto (Pacul) 1,8 persen.

Kemudian Dico Ganinduto 1,7 persen, Taj Yasin Maimoen 1,5 persen, Ganjar Pranowo 1 persen, dan lainnya di bawah 1 persen.

LSI juga melakukan simulasi semi terbuka dengan menyajikan 21 nama bakal calon gubernur nan beredar di media dan masyarakat.

Pada simulasi ini, Kaesang duduk di posisi pertama dengan raihan 15,9 persen. Posisi kedua ditempati Ahmad Luthfi 12,9 persen, disusul Abdul Wachid 7,8 persen dan Raffi Ahmad 6,8 persen.

Lalu, Bambang Wuryanto 5,8 persen, Sudaryono 4,7 persen, Hendar Prihadi 4,7 persen, Dico Ganinduto 3,5 persen, Achmad Husein 3,4 persen, Taj Yasin Maimoen 2,7 persen, dan tidak tahu/tidak jawab/rahasia 19,5 persen.

Bukan hanya itu, Kaesang juga tercatat berada di posisi puncak pada simulasi enam nama dengan raihan 25,6 persen, Ahmad Luthfi 16,1 persen, Taj Yasin Maimoen 13,4 persen, Bambang Wuryanto 9,7 persen, Abdul Wachid 6,2 persen, dan Sudaryono 6 persen. Sedangkan nan menjawab tidak tahu/tidak jawab 22,9 persen.

"Kaesang Pangarep jika enam kandidat itu condong unggul dari Ahmad Luthfi, cukup signifikan unggul nyaris 10 persen," ujar Djayadi dalam rilis 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah' nan disiarkan daring, Minggu (30/6).

Djayadi menyampaikan pemilih nan puas kepada keahlian Presiden Jokowi condong mendukung Kaesang dan Ahmad Luthfi.

Ia mengatakan jika Kaesang tidak berkontestasi di Pilkada Jawa Tengah, maka pemilih nan yang menyatakan puas dengan keahlian presiden itu condong lebih mendukung Ahmad Lutfhi.

"Tapi jika ada Ahmad Lutfhi, ada Kaesang juga, untuk sementara kita bisa mengatakan Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep berebut pengaruh Jokowi di sini," jelas Djayadi.

"Tentu kita tidak tahu jika misalnya kelak presidennya secara terbuka menyatakan dia lebih mendukung siapa alias siapa sebetulnya nan bakal maju nanti. Apakah betul Ahmad Luthfi dan Kaesang bakal maju alias tidak, dan seterusnya," sambungnya.

Survei LSI dilakukan pada periode 21-26 Juni 2024. Target populasi survei ini adalah WNI di Jawa Tengah nan berumur 17 tahun ke atas alias sudah menikah dan mempunyai telepon/telepon seluler. Wawancara survei ini menggunakan metode telepon.

Survei ini melibatkan 1.200 responden dipilih melalui metode double sampling. Metode ini adalah pengambilan sampel secara random dari kumpulan info hasil survei tatap muka nan dilakukan sebelumnya.

Adapun margin of error survei ini diperkirakan ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dugaan simple random sampling.

(lna/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional