AHY Dorong Kaji Ulang Penyerentakan Pilpres dan Pileg

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 01:30 WIB

AHY mengatakan Demokrat sejak awal mendorong pemisahan dua pemilihan itu. Ia berdasar penyerentakan membikin masyarakat hanya terfokus pada pilpres. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendorong untuk kaji ulang penyerentakan pemilihan presiden (pilpres) dengan pemilihan personil legislatif (pileg). (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendorong untuk kaji ulang penyerentakan pemilihan presiden (pilpres) dengan pemilihan personil legislatif (pileg).

AHY mengatakan Demokrat sejak awal mendorong pemisahan dua pemilihan itu. Ia berdasar penyerentakan membikin masyarakat hanya terfokus pada pilpres.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita mengatakan bahwa serentak itu bukan tidak baik, tetapi kita perlu mengkaji kembali apakah lebih baik jika kita pisahkan seperti terdahulu, pileg duluan baru setelah itu pilpres," kata AHY dalam bertemu pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (25/7).

AHY mengatakan konsentrasi masyarakat terhadap pileg berkurang saat ini. Masyarakat, kata dia, tak punya waktu untuk mengenal calon wakil rakyat.

Dia juga mengkritisi sistem pengusungan capres-cawapres saat ini. Partai politik mengusung kandidat pilpres dengan modal perolehan bunyi pileg lima tahun sebelumnya.

"Kalau kita menggunakan hingga hari ini untuk pemilu alias pilpres lima tahun ke depan, rasa-rasanya mood rakyat itu bisa berubah, dalam lima tahun, jadi tidak bisa kemudian relate dengan kondisi hari itu," ujarnya.

Sebelumnya, PKB mengusulkan pemisahan pilpres dengan pileg. Usulan itu disampaikan sebagai hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB nan digelar di Jakarta pekan ini.

PKB menilai penyerentakan membikin masyarakat tak memperhatikan visi misi caleg.

"Memang keserentakan kemarin akhirnya calon personil legislatif DPR RI enggak diperbincangkan, enggak dianggap punya visi apa, semuanya terarah pada pilpres," ucap Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (24/7).

Pemilu serentak mulai diterapkan pada Pilpres 2019. Pemilihan umum dilaksanakan dengan menyerentakkan pilpres, pemilihan personil DPR RI, personil DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Pada pemilu-pemilu sebelumnya sejak reformasi, pileg digelar beberapa bulan sebelum pilpres. Pengusungan capres cawapres menggunakan perolehan bunyi pada pileg tersebut.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional