AHY Tinjau Tanah Calon Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau tanah calon relokasi untuk korban erupsi Gunung Raung, Minggu (5/5).

Kunjungan AHY ke Desa Modisi, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menindaklanjuti petunjuk Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas di Istana Negara pada Jumat.

"Saat ini, ada 301 family nan bakal segera direlokasi lantaran memang mereka selama ini berpenghidupan di sekitar Gunung Ruang nan berpotensi terdampak secara langsung dari erupsi," kata AHY dalam rilis resmi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia lampau berujar, "Sehingga keputusan pemerintah dalam rapat terbatas nan dipimpin Bapak Presiden Joko Widodo kita mau merelokasi masyarakat tersebut agar lebih aman."

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan Desa Modisi sebagai lahan relokasi untuk permukiman penduduk pengungsi.

"Saya mau meyakinkan apakah lahan nan dipersiapkan di Bolaang Mongondow Selatan ini sudah siap, statusnya sudah clean and clear lantaran kita berambisi relokasi ini segera bisa dilakukan," imbuh AHY.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bakal membebaskan tanah di wilayah nan sudah ditetapkan menjadi tempat relokasi. Dalam perihal ini, Kementerian ATR/BPN bekerja memastikan tanah di letak relokasi tersebut berstatus clean and clear.

Setelah semua syarat manajemen pertanahan terpenuhi, barulah pembangunan kediaman masyarakat bisa dilakukan.

Di kesempatan itu, AHY berkomitmen untuk mempercepat proses manajemen pertanahan agar relokasi dan pembangunan prasarana bisa segera dilakukan.

Pemerintah, kata dia, kudu segera datang untuk memastikan masyarakat nan terdampak itu mendapatkan kepastian.

"Kita kudu memberikan rasa aman, rasa kepastian kepada masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa segera kita follow up dengan langkah-langkah selanjutnya," ungkap AHY.

AHY terbang dari Jakarta ke Bandara Djalaludin, Gorontalo lantaran Bandara Sam Ratulangi, Manado tetap ditutup imbas erupsi Gunung Ruang.

Dari Gorontalo, AHY bakal menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam untuk sampai ke Desa Modisi.

Kunjungan AHY berjalan usai Gunung Raung erupsi pada pekan lalu. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat tinggi letusan sekitar 2.000 meter dan menyebar ke utara.

(isa/mik)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional