AI Experience Center Diluncurkan di Solo Technopark, Indosat jadi Pionir

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Artificial Intelligence alias AI Experience Center pertama di Indonesia datang di Solo Technopark, Kota Solo, Jawa Tengah. Fasilitas dengan teknologi termutakhir nan didukung konektivitas 5G itu diluncurkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat alias IOH) di Solo Technopark, Selasa, 20 Agustus 2024. 

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana, datang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Menurut Wijaya, Indosat Ooredoo Hutchison menjadi pionir dalam menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia ini.

"Inisiatif ini merupakan momentum krusial bagi perkembangan industri telekomunikasi. Kami percaya bahwa experience center ini bakal menjadi katalisator penemuan di beragam sektor, dan kami secara penuh mendukung kesuksesannya," ujar Wijaya saat peluncuran di Solo Technopark.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan AI Experience Center menjadi penanda krusial dalam perjalanan Indosat memberdayakan Indonesia melalui teknologi AI. 

"Hal ini mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi support dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis nan mempunyai kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global,' kata dia.

Menurut dia, itu baru merupakan permulaan dari beragam perkembangan menarik lain dalam membuka kesempatan tanpa pemisah bagi jutaan masyarakat Indonesia.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyatakan pihaknya mewakili Pemerintah Kota Solo merasa terhormat dengan dipilihnya Kota Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia. 

"Fasilitas ini tidak hanya bakal meningkatkan kelebihan Solo Technopark tapi juga memicu pengaruh berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa faedah bagi edukasi, pariwisata, dan pembuatan lapangan pekerjaan," ucap dia. 

Bermitra dengan perusahaan teknologi dunia seperti Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini nan dapat diaplikasikan di beragam sektor, termasuk smart city management nan mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif. 

Iklan

"Tidak hanya untuk menunjukkan penemuan terkini dari AI, experience center ini juga bakal berfaedah sebagai pusat training nan menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari faedah AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka kesempatan baru," kata Vikram.

Lebih lanjut dia menambahkan akomodasi ini bakal menjadi awal bagi AI Center of Excellence nan direncanakan didirikan oleh Indosat dalam waktu dekat, nan mana juga bakal didukung oleh teknologi 5G. 

"Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran jasa 5G, nan diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun hewan 5G pertama di Indonesia," katanya.

Berlandaskan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia, dia menyebut AI Experience Center bakal menjadi katalis bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia (SDM) siap AI, dan membawa faedah bagi masyarakat dari pemanfaatan AI.

Indosat AI Experience Center tidak hanya datang sebagai simbol era baru perjalanan revolusi teknologi di Indonesia, namun juga awal perjalanan kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI. 

"Dengan akomodasi ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka kesempatan tanpa pemisah nan didukung oleh AI dan 5G, serta mendorong masa depan Indonesia nan lebih cerah dan inovatif," tutur dia.

Pilihan Editor: Piutang Jatuh Temponya Tembus Rp3 Triliun, Begini Penjelasan Indosat ke Bursa

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis