Airin Diusung PDIP di Banten, Golkar Klaim Hadapi Situasi Tak Mudah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 16:06 WIB

Golkar mengusung Andra Soni-Dimyati di Pilgub Banten 2024, sementara kadernya, Airin Rachmi, diusung PDIP. Menurut Golkar situasi itu tidak mudah. Airin Rachmi Diany diusung PDIP di Pilgub Banten 2024. Golkar batal mengusungnya. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespons soal support PDIP kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Doli menjelaskan Golkar dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sepakat mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Banten. Ia pun mengatakan situasi itu tidak mudah bagi Golkar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Seperti nan sudah kita lihat, tadi malam Pak Bahlil (Bahlil Lahadalia) alias DPP sudah memberikan B1 KWK kepada Andra Soni dan Pak Dimyati. Tapi siangnya kan Ibu Airin juga sudah mendeklarasikan dirinya tetap menjadi calon gubernur berbareng dengan Pak Ade (Ade Sumardi). Nah, jadi tentu ini sebetulnya situasi nan tidak mudah dihadapi oleh Golkar," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (26/8).

Doli menuturkan Golkar akhirnya mengusung Andra Soni-Dimyati lantaran kepentingan nan lebih besar. Ia menghargai keputusan politik Airin nan maju berbareng PDIP.

"Kebersamaan kami dengan Koalisi Indonesia Maju ini adalah seperti nan saya katakan, lebih pada mengutamakan kepentingan kebersamaan nan lebih besar itu kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.

Doli pun menyatakan bakal meminta kepada DPP Golkar agar tidak memberi hukuman kepada Airin nan merupakan Wakil Ketua Umum Golkar itu.

Menurutnya, tiap penduduk negara punya kewenangan konstitusi untuk mencalonkan alias dicalonkan dalam pemilu. Namun, Airin tidak bisa menggunakan atribut partai saat berkampanye.

"Itu kewenangan konstitusi nan saya katakan tadi. Tapi ya, tentu partai punya aturan, Golkar punya patokan bahwa nan bisa menggunakan atribut-atribut partai di dalam kampanye, di dalam sosialisasi itu adalah pasangan calon nan memang diberikan dukungannya secara formal," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Airin mengaku tetap berstatus sebagai kader Partai Golkar kendati hanya diusung PDIP sebagai calon gubernur di Pilgub Banten 2024. Dia dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi.

"Hari ini saya tetap kader Golkar, tentunya berambisi apapun itu ke depan, bagi saya politik adalah sebuah tools untuk bisa kita memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," ucap Airin usai menerima support PDIP di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (25/8).

Airin mengungkapkan dirinya sudah ditugaskan untuk maju di Pilgub Banten sejak dua tahun lalu. Surat penugasan dikeluarkan oleh Airlangga Hartarto nan saat itu menjabat Ketua Umum Golkar.

Namun, sekarang ketika ketua umum berganti kepada Bahlil Lahadalia, Golkar mendukung paslon lain.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional