Airlangga Hartanto Resmikan 8 Perusahaan Baru di Batam, Nilai Investasi Tembus Rp 290 Triliun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Batam - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada hari ini, Senin, 26 Agustus 2024, meresmikan pembukaan 8 perusahaan baru di Kawasan Industri Wiraraja Indonesia, Kabil Nongsa, Kota Batam, Provinsi kepulauan Riau. Total nilai investasi dari delapan perusahaan itu mencapai Rp 290 triliun dengan serapan tenaga kerja 36.150 tenaga kerja.

Airlangga mengapresiasi perusahaan nan berasal dari PMA Amerika Serikat sudah berinvestasi di Batam. Ia berambisi Industri di Batam dan Kepri terus tumbuh dan berkembang, sehingga pertumbuhan ekonomi Kepri lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. 

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan perbedaan industri di Kepri dengan nan area industri lain adalah pertumbuhan tidak hanya menonjol satu perusahaan. "Artinya beragam jenis industri maju di Kepri, mulai dari indutri berat, sampai dengan jasa seperti KEK Digital di Nongsa," kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Ia juga berharap, industri Kepri menonjol di area regional artinya berani bersaing dengan Johor dan Malaysia. "Targetnya itu Pak Gub (Gubernur Ansar Ahmad) dan Pak Wali Kota Batam (Muhammad Rudi)," kata Airlangga.

Iklan

Apalagi Kepri mempunyai potensi daya nan besar, termasuk renewable energy (energi terbarukan). "Dengan nilai investasi dalam 5 tahun US$ 17,6 miliar (sekitar Rp 290 triliun). Ini adalah capaian luar biasa," katanya. 

Adapun perusahaan terseut adalah PT Atelier Solar Indonesia, PT Uwin Resources Regeneration, TUL Taiwan Corp, PT Energy Tech Indonesia, PT Quantum Luminous Indonesia, PT Essence Global Indonesia, PT Galang Bumi Industri, dan PT Wiraraja Strategix (Wiraraja Power). 

Pilihan Editor: BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2024 Berkisar 4,7-5,5 Persen, Konsumsi Rumah Tangga Masih jadi Penopang?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis