Akan Diresmikan Jokowi, Seperti Apa Hotel Nusantara Milik Aguan Cs di IKN?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo namalain Jokowi meninjau Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa, 30 Juli 2024. Hotel berbintang lima pertama di area IKN itu direncanakan bakal diresmikan kepala negara pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Melansir dari laman Presiden RI, setibanya di hotel, Presiden Jokowi langsung meninjau sejumlah akomodasi nan ada. Mulai dari lobi, bilik tidur, hingga tempat makan. 

Assistant Director of Sales Hotel Nusantara, Hazel Yehezkiel Pauranan mengatakan Hotel Nusantara berkapasitas sebanyak 191 kamar. Hotel itu sudah mulai beraksi tetapi belum secara penuh. Adapun Hotel Nusantara ini, kata Hazel, bakal diresmikan pada 17 Agustus 2024 bertepatan dengan HUT ke-79 Republik Indonesia.

“Kami sudah mulai beraksi belum sepenuhnya itu dari tanggal 28 Juli 2024, walaupun tetap belum semua bilik siap untuk digunakan,” kata Hazel berasas keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden, dikutip dari Antaranews.

Saat ini, Hotel Nusantara telah selesai dibangun. Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking Hotel Nusantara pada 21 September 2023. Setelah sepuluh bulan, sekarang progres pembangunan hotel tersebut berada di tahap pengerjaan furnishing area lobi hotel.

“Saat ini tetap on progress furnishing di lobby, jika Nusa Restaurant-nya sudah operasi,” ucap Hazel.

Sebagai informasi, pemilik Hotel Nusantara adalah sekumpulan pengusaha Indonesia nan tergabung dalam konsorsium ketua bos Agung Sedayu Group (ASG) Sugianto Kusuma namalain Aguan. Konsorsium itu setidaknya terdiri dari sepuluh penanammodal ternama dalam negeri nan menggelontorkan investasi sebesar Rp 20 triliun untuk membangun beragam akomodasi publik di IKN.

Adapun sepuluh penanammodal swasta dalam negeri nan tergabung dalam konsorsium itu adalah Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinar Mas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group, dan Alfamart group.

Iklan

Hotel Nusantara sendiri berlokasi di area area unik pengembangan upaya dan jasa (mix-used) di sekitar Titik Nol IKN Nusantara. Hotel ini terdiri dari sembilan lantai dengan 191 unit dan enam jenis kamar. Masing-masing jenis bilik adalah Premier Twin 61 unit, Premier King 102 unit, Junior Suite 14 unit, Executive Suite 12 unit, Disable Room 1 unit, dan President Suite 1 unit.

Saat melakukan groundbreaking Hotel Nusantara, Jokowi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para investor. Dia juga mengatakan pembangunan hotel tersebut bisa meningkatkan kepercayaan dan minat para penanammodal lain, dari dalam maupun luar negeri, untuk berinvestasi di IKN. 

“Terima kasih kepada Pak Aguan (pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma) dan kawan-kawan nan datang pada sore hari ini. Ini memberikan confidence, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor,” ujarnya, dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet RI pada Jumat, 22 September 2023.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Pekerja Celaka lantaran UU Cipta Kerja

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis