Amien Rais Setuju Amendemen UUD, Presiden Kembali Dipilih MPR

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Ketua MPR 1999-2004, Amien Rais tak keberatan presiden dipilih kembali oleh MPR lewat amendemen UUD 1945.

Amien menyampaikan itu usai berjumpa dengan ketua MPR di kompleks parlemen pada Rabu (5/6).

"Jadi sekarang jika mau dikembalikan dipilih MPR, kenapa tidak? MPR kan orangnya berpikir, punya pertimbangan," kata Amien dalam konvensi pers.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Amien menyampaikan alasannya dulu saat dia jadi Ketua MPR mengubah patokan pemilu presiden nan mulanya dipegang MPR jadi secara langsung.

Pada saat itu, Amien berpikiran konsep pemilu langsung itu bakal jauh dari praktek politik uang. Namun, rupanya itu meleset.

"Dulu kita mengatakan jika dipilih langsung, one man one vote mana mungkin ada orang mau menyogok 127 juta pemilih, mana mungkin, perlu ratusan triliun, rupanya mungkin," ucap dia.

Ia pun berambisi lewat amendemen MPR bakal kembali jadi lembaga tertinggi negara seperti sebelum era reformasi. Cara itu, menurutnya dapat memperkuat posisi MPR sebagai lembaga.

"Jadi waktu saya jadi Ketua MPR itu, presiden-presiden itu kemudian jika bangun pagi, 'wah di atas saya tetap ada Ketua MPR', jika sekarang kan enggak digubris," ujarnya.

Pada saat nan sama, Amien juga tak masalah jika Pasal 6 ayat 1 nan menyatakan presiden adalah orang Indonesia original untuk kembali dicantumkan.

"Supaya kelak tidak terjadi ada manusia di penduduk negara, dia punya paspor RI tapi juga punya paspor asing, kemudian nyelonong dengan kekuatan duit besarnya itu, bisa jadi presiden," ucap dia.

Amien merupakan Ketua MPR pasca reformasi 1998. Ia menjabat sebagai ketua MPR kala Indonesia mengamendemen UUD sebanyak empat kali alias nan dikenal dengan masa reformasi konstitusi pada 1999-2002.

Pertemuan ini merupakan rangkaian aktivitas silaturahmi kebangsaan nan dilaksanakan oleh ketua MPR. Kedatangan Amien disambut langsung Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Amir Uskara, Fadel Muhmmad, dan Hidayat Nur Wahid (HNW).

Selain Amien, ketua MPR juga telah menemui tokoh bangsa lain sebelumnya. Seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Try Sutrisno, Jusuf Kalla, hingga Budiono.

Lalu tepat sehari sebelum berjumpa Amien, kemarin ketua MPR menyambangi NasDem Tower untuk menemui Ketum Partai NasDem, Surya Paloh.

(mnf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional