Analis: Rupiah Besok Fluktuatif dan Bakal Ditutup Menguat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Analis sekaligus Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi rupiah tetap bakal bergerak naik turun besok hari.

“Sedangkan untuk perdagangan besok, mata duit rupiah fluktuatif, namun ditutup menguat di rentang Rp 15.370 hingga Rp 15.460,” kata Ibrahim dalam kajian rutinnya pada Senin, 26 Agustus 2024. 

Nilai mata duit rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (dolar AS) ditutup menguat 53,5 poin di level Rp 15.438,5 pada perdagangan Senin sore, 26 Agustus 2024. Di penutupan sebelumnya, rupiah tercatat berada di level Rp 15.492 per dolar AS. 

Penguatan kurs rupiah hingga tercatat menembus di bawah Rp 15.500 per dolar AS pada penutupan perdagangan hari ini tetap dipicu oleh keadaan politik nasional nan mulai stabil akibat keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menganulir pengesahan revisi UU Pilkada.

Menurut Ibrahim, rumor politik pada beberapa waktu terakhir sempat memengaruhi nilai tukar rupiah. Gelombang demonstrasi besar atas rencana pengesahan RUU Pilkada nan terjadi Kamis, 22 Agustus lampau sempat mendorong sentimen negatif di pasar. 

Merespons kondisi ini, Ibrahim melanjutkan, Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa aspek politik saat ini tak lagi memberikan akibat nan signifikan bagi perekonomian nasional. Itu bisa dilihat dari tidak terlalu parahnya kontraksi nan dialami nilai tukar rupiah. Kemudian, kata dia, masyarakat Indonesia sekarang sudah dewasa dalam menanggapi dinamika politik nasional.

Lebih lanjut, esensial ekonomi nasional saat ini juga sangat kuat, sehingga aspek politik tidak terlalu memberikan akibat signifikan bagi keahlian ekonomi nasional. Unsur-unsur esensial ini antara lain pertumbuhan ekonomi nan sangat sehat, inflasi nan rendah, serta imbal hasil dari instrumen investasi nan tinggi. 

Selanjutnya: Ibrahim menambahkan, perihal tersebut dapat dilihat dari nilai tukar rupiah.....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis