Ancaman Megathrust, Menperin Klaim Hati-Hati Loloskan Izin Kawasan Industri

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan hati-hati dalam memberikan perizinan untuk pengembangan area industri. Penjelasan ini menanggapi pertanyaan personil Komisi VII DPR Dyah Roro Esti tentang langkah mitigasi menghadapi ancaman gempa megathrust.

“Kami pastikan bahwa perizinan itu sudah sesuai dengan perkiraan dari kemungkinan terjadinya bencana,” kata Agus dalam rapat kerja berbareng Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus 2024, nan dipantau Tempo secara daring.

Agus mengatakan, ancaman musibah itu termasuk kebakaran hutan, banjir, hingga Megathrust nan belakangan telah diperingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dia menyatakan telah menyiapkan langkah mitigasi untuk menghadapi ancaman-ancaman musibah itu.

Kendati begitu, Agus mengatakan gempa bukan perihal nan dapat dikendalikan secara penuh. Dia mengakui perhitungannya soal area industri nan kondusif belum tentu 100 persen tepat. Namun, dia menganggap kawasan-kawasan nan diberikan izin itu relatif jauh lebih aman.

BMKG sebelumnya mengajak pemerintah wilayah agar menyiapkan tata ruang nan kondusif dan bisa menampung masyarakat sebagai upaya mitigasi jika gempa Megathrust terjadi di Indonesia.

Iklan

"Bagaimana menyiapkan masyarakat dan pemerintah wilayah sebelum terjadi gempa dengan kekuatan tinggi nan mengakibatkan tsunami. Pemerintah wilayah itu sudah diajak bersama-sama menyiapkan infrastrukturnya, menyiapkan sistemnya, adakah jalur evakuasinya, adakah tempat shelter evakuasi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konvensi pers di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2024.

Ia juga menganjurkan zona-zona rawan seperti wilayah dekat laut dan pantai agar dikosongkan dan tidak didirikan banyak bangunan.

"Pemda-pemda diharapkan juga menyiapkan tata ruang di sana. Di pantai itu dibatasi, jangan dibangun bangunan-bangunan. Kalau sampai dibangun hotel, hotelnya kudu siap menghadapi (Megathrust), diwajibkan bangunannya bisa tahan 8,5 magnitudo," katanya.

Pilihan editor: Sri Mulyani Sebut Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Akan Sasar 4 Kelompok Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis