Anggota Pansus Endus Indikasi Kecurangan Kemenag di Haji 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 15:36 WIB

Anggota Pansus Haji di DPR melakukan sidak ke gedung Siskohat Kemenag, Jakpus, Rabu (4/9). Pansus Haji DPR melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Subdit Siskohat di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Rabu (4/9). (CNN Indonesia/Muhammad Naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Pansus Haji DPR Fraksi PKB Marwan Jafar menyatakan pihaknya mengendus indikasi dugaan kecurangan Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam penyelenggaraan perjalanan ibadah haji RI 2024.

"Ada banyak kecurangan nan sudah dliakukan oleh Kemenag ini," kata Marwan usai sidak ke Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu (4/9) siang.

Marwan mencontohkan salah satunya adalah jemaah haji nan baru mendaftar pada 2024, rupanya bisa langsung berangkat di tahun ini juga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut pihaknya menemukan setidaknya sekitar 3.500 jemaah nan tanpa kudu menunggu langsung diberangkatkan tahun ini untuk beragama haji.

Marwan pun menduga ada pihak-pihak di Kemenag nan mempermainkan agenda keberangkatan itu.

"Dan itu tangan-tangan tertentu itu siapa ya, kita bisa tebak jika di atasnya direktur, di atasnya lagi berfaedah dirjen, di pemimpin lagi berfaedah menteri. Di antara orang-orang itu lah nan kira-kira membikin intervensi carut marutnya haji 2024 ini," ujar dia.

Marwan pun berkesimpulan bahwa temuan Pansus sejauh ini telah terjadi penyalahgunaan kewenangan oleh Kemenag.

Ia menduga terdapat dugaan gratifikasi alias penyimpangan finansial dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

"Bukan hanya konklusi tentang itu. Tetapi soal haji unik itu patut diduga ada gratifikasi alias penyimpangan finansial di situ dan kita bisa mengundang pihak-pihak abdi negara norma untuk bicara di pansus," ucapnya.

(mnf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional