Anies Ditanya Kans Masuk Kabinet Prabowo: Emang Diajak?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 18:49 WIB

Mantan calon presiden Anies Baswedan menegaskan bahwa dirinya bakal tetap berada di jalan perubahan. Mantan calon presiden Anies Baswedan menyatakan tak bisa menjawab apakah berasosiasi ke dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming alias tidak lantaran belum mendapat tawaran langsung. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan calon presiden Anies Baswedan menyatakan tak bisa menjawab apakah berasosiasi ke dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming atau tidak lantaran belum mendapat tawaran langsung.

Hal itu disampaikan Anies merespons sikap Ganjar Pranowo nan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran. Anies menegaskan bahwa dirinya bakal tetap berada di jalan perubahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya kan sudah sampaikan bahwa saya tidak bakal mendahului soal berasosiasi dan tidak. Karena dari mana kita tahu. Tapi bahwa saya ini bukan berada di dalam partai politik. Kalau pak Ganjar kan memang berada di partai politik, kelak garis partainya apa. Kalau saya penduduk negara. Dan saya selalu mengatakan saya tetap berada di jalan perubahan," kata Anies di area Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (7/5).

Anies menyatakan dirinya memang belum diajak untuk berasosiasi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Ia mengaku belum dapat menjelaskan posisinya lebih lanjut.

"Karena jika bilang saya mau ikut, wong diundang aja tidak. Mau bilang tidak, wong diundang aja belum. Jawabnya apa? Betul enggak? Siapa nan mengajak? Jadi enggak usah bilang saya enggak mau ikut. Emang diajak? Terus saya bilang mau ikut, memang kapan ngajaknya? Enggak kan?" kata Anies.

Lebih lanjut, Anies menebut pedoman soal pihak nan mendapat amanah konstitusi dari Pilpres itu adalah nan berada di dalam kabinet pemerintah. Sedangkan pihak nan tidak mendapatkan amanah tersebut, kata Anies, berada di luar kabinet.

"Jadi saya merasa pakem itu baiknya dihormati. Dan saya berencana menghormati pakem itu," ujarnya.

Anies Baswedan merupakan salah satu calon presiden nan maju berbareng Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Pilpres 2024. Anies-Cak Imin melawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pasangan Prabowo-Gibran yang keluar sebagai pemenang. Pasangan nomor 2 ini unggul jauh dari lawan-lawannya. KPU juga telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional