Anies Minta Maaf ke Warga Kampung Jakarta Gagal Maju Pilgub

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 30 Agu 2024 17:22 WIB

Anies Baswedan meminta maaf kepada penduduk kampung di Jakarta usai kandas maju untuk periode kedua sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Anies Baswedan meminta maaf kepada penduduk kampung di Jakarta usai kandas maju untuk periode kedua sebagai Gubernur DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anies Baswedan meminta maaf kepada penduduk kampung di Jakarta usai kandas maju untuk periode kedua sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia meminta maaf lantaran merasa tak bisa membantu meneruskan aspirasi penduduk lewat jalur pemerintahan.

"Kepada saudara-saudara semua penduduk kampung Jakarta, rakyat miskin kota, saya minta maaf lantaran tidak bisa membantu melalui jalan pemegang kewenangan, kreator kebijakan," kata Anies dalam unggahan video di kanal YouTube, Jumat (30/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies mengaku menyesal lantaran tak jadi maju di Pilgub Jakarta 2024. Ia mengatakan banyak aspirasi dari masyarakat kelas bawah nan tak bisa dia teruskan.

Ia menyebut masyarakat Jakarta silih berganti datang menemuinya untuk menyampaikan persoalan mereka.

"Dari mulai upaya perbaikan kampung-kampung kumuh, perbaikan kondisi ekonomi mereka nan selama itu kami selalu jadikan konsentrasi perhatian," ucap dia.

Nama Anies menguat di bursa Pilgub DKI Jakarta 2024. Setelah kandas di Pilpres 2024, dia pun digadang-gadang maju untuk periode keduanya di Jakarta.

Ia sempat mendapatkan support dari PKB, NasDem, dan PKS. Namun, di tengah jalan, mereka gabung ke gerbong Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan mengusung Ridwan Kamil.

Saat itu, Anies bak menemui jalan buntu. Namun, angan kembali muncul setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan melonggarkan periode pemisah pencalonan kepala daerah.

PDIP pun dikabarkan bakal mengusung Anies berbareng Rano Karno. Namun, rencana itu gagal. PDIP mengusung Pramono Anung dan Rano Karno.

Kemudian, Anies disebut bakal diusung PDIP di Jawa Barat, tetapi lagi-lagi batal. Anies resmi tak mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di wilayah manapun.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional