Anies Sebut Akan Ada Pertemuan Formal dengan PDIP Bahas Pilgub Jakarta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 30 Jul 2024 09:46 WIB

Wacana koalisi PDIP dengan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta terus bergulir. Anies mengungkap bakal ada pertemuan umum dengan PDIP membahas perihal itu. Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bakal ada pertemuan umum dengan PDIP terkait pemilihan kepala wilayah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan Anies saat ditanya perkembangan komunikasinya sejauh ini dengan PDIP. Terutama setelah Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengakui intens berjumpa informal dengan Anies.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies tak bilang bahwa dirinya telah mendapat restu Megawati Soekarnoputri untuk maju. Hanya saja, dia bilang saat ini prosesnya tetap terus mengalir.

"Nanti pada waktunya. Tentu bakal ada pertemuan-pertemuan nan istilahnya formal, ya. Sekarang tetap mengalir dulu, proses," kata Anies usai menghadiri Tabligh Akbar di Istiqlal, Jakarta, Senin (29/7) malam.

Puan sebelumnya mengakui telah menjalin komunikasi informal dengan Anies mengenai Pilkada Jakarta 2024. Menurut dia, PDIP membuka kesempatan saja bakal mengusung bakal cagub petahana itu di Pilkada Jakarta nanti.

"Komunikasi informal pastinya sudah," kata Puan di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (25/7).

Bahkan, lanjut Puan, kesempatan partainya mengusung Anies cukup besar. Menurut dia, angkanya ada di atas 50 persen.

"Bisa di atas [50 persen], bisa di atas banget," kata Puan," katanya.

Anies telah mengantongi support resmi dari PKS dan NasDem. Dengan support dua partai itu, dia telah memenuhi syarat maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta. 

Posisi cawagub untuk Anies masih kosong. NasDem menyerahkan sepenuhnya pilihan cawagub kepada Anies. Sementara PKS menyodorkan nama Sohibul Iman. 

PDIP sendiri tengah mengkaji nama-nama kader internal untuk maju di Pilgub Jakarta. Di antara kader nan dipertimbangkan ada nama Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok. 

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional