Apa Maksud Jokowi Sebut Istana Jakarta dan Bogor Bau Kolonial?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 07:05 WIB

Presiden Jokowi menyiratkan sebuah komunikasi politik di kembali pernyataannya tentang Istana di Jakarta dan Bogor sangat aroma unsur kolonial. Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan menyebut Istana Kepresidenan Jakarta dan Bogor berbau kolonial menjadi sorotan publik. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan menyebut Istana Kepresidenan Jakarta dan Bogor berbau kolonial menjadi sorotan publik. Pernyataan itu disampaikan saat menjamu para kepala wilayah di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi bercerita Istana Negara digunakan oleh Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten. Lalu Istana Merdeka dipakai Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge.

Adapun Istana Kepresidenan di Bogor, kata Jokowi, pernah dipakai oleh Gubernur Jenderal GW Baron van Imhoff.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi bau-baunya kolonial, selalu saya rasakan, setiap hari dibayang-bayangi," ucap Jokowi di Istana Negara, IKN, Selasa (13/8).

Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana membaca sejumlah poin komunikasi politik dari pernyataan Jokowi tersebut.

Pertama, dia menilai Jokowi mau mengukir gambaran baik terhadap pembangunan istana baru di IKN. Hal itu dia lakukan dengan melabeli istana-istana lama sebagai buatan kaum penjajah.

"Bukan hanya itu ya, tapi menunjukkan adanya kebanggaan atas hasil karya sendiri dan dilakukan oleh kita sendiri nan menjadi poin utamanya," kata Aditya melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/8).

Makna kedua dari pernyataan Jokowi adalah pembuktian janji politik. Jokowi, kata Aditya, mau menunjukkan ke publik bahwa pembangunan ibu kota negara baru bukan sekadar janji politik.

"Pelaksanaan hari kemerdekaan di IKN memang berarti sasaran dan janji Jokowi dalam mewujudkan IKN di periodenya bisa dilakukan," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mulai beraktivitas di IKN usai dua istana rampung dibangun. IKN mempunyai Istana Garuda nan berfaedah sebagai instansi presiden dan Istana Negara nan berfaedah sebagai tempat aktivitas kenegaraan.

Jokowi menggelar sidang kabinet perdana di Istana Negara, Selasa (13/8). Dia mengundang semua menteri Kabinet Indonesia Maju. Hanya Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menteri PPPA I Gusti Bintang Puspayoga nan tak datang di rapat itu.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional