Area Monas Dibersihkan Jelang Peringatan HUT RI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dibersihkan jelang peringatan HUT ke-79 RI nan jatuh pada Sabtu (17/8). Sebanyak 500 personel campuran diterjunkan dalam aktivitas itu.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan aktivitas ini dilakukan lantaran Monas juga jadi salah satu titik dari rangkaian upacara HUT RI.

"Kurang lebih kita melibatkan 500 orang, kita bagi-bagi per titik nan sudah kita tentukan. Apalagi besok bakal melaksanakan prosesi kirab bendera dari Monas dan juga rangkaian 17 Agustus nanti. Monas juga kelak bakal ada upacara. Jadi, bersih-bersih ini untuk mempersiapkan semua itu," kata Dhany di Kawasan Monas, dikutip dari Antara, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Personel campuran tersebut terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Bina Marga, Sumber Daya Air, Satpol PP, Pertamanan dan Kehutanan, serta Lingkungan Hidup. Tidak hanya itu, organisasi pengemudi delman juga ikut terlibat.

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan di lingkar luar area Monas, area Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Dhany menyebut aktivitas ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan di area Monas. Sebelumnya, aktivitas bersih-bersih dilaksanakan Minggu (4/8).

"Jumat depan, Insya Allah minggu depan lantaran 17 Agustus kita juga bakal melaksanakan upacara bendera," ujar dia.

Ia mengatakan Monas merupakan salah satu tempat nan banyak dikenal masyarakat dan jadi ikon Jakarta ataupun Indonesia. Karena itu, sudah semestinya masyarakat Jakarta dapat bertanggung jawab dalam memelihara kebersihan Monas.

"Dengan aktivitas di sekitar Monas, membersihkan trotoar, taman, saluran air dan sampah, ini menjadi bagian pembelajaran sekaligus penyadaran kita hidup di Jakarta maka kita jaga agar bisa hidup lebih baik, bisa beraktivitas dengan bahagia," ucap Dhany.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Slamet Riyadi menyebut, aktivitas bersih-bersih menyasar pembersihan trotoar, jalur hijau, bahu jalan, halte dan pemangkasan pohon.

Pihaknya mengerahkan satu unit mobil lintas pengangkut sampah (ranger), panther, truk tayo dan satu unit mobil penyapu jalan (street sweeper).

"Dari jejeran kami melibatkan 30 personel dan fokusnya pengangkutan sampah. Hasilnya tujuh meter kubik sampah diangkut," ujar Slamet.

Sebelumnya, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat membersihkan jaringan drainase di area Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, dalam rangka persiapan upacara peringatan HUT ke-79 RI.

"Kami bersihkan drainase nan ada di depan Istana Negara agar berfaedah maksimal. Makanya kami kerahkan petugas untuk melakukan pembersihan," kata Kepala Sudin SDA Jakarta Pusat Mustajab.

Menurut dia, tindakan bersih-bersih tersebut bermaksud untuk memastikan kondisi saluran agar maksimal untuk mengantisipasi jika terjadi hujan saat ada perhelatan di Istana Negara.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional