Bahlil Yakin Bandara IKN Siap Digunakan Sebelum 17 Agustus: Kita Akan Mendarat di Sana

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Sumedang - Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimisits airport di Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beraksi sebelum tanggal 17 Agustus 2024.

“Kita bakal upacara pada tanggal 17 Agustus di IKN dan sekarang untuk bandaranya bakal jadi sebelum tanggal 17 Agustus, kita bakal mendarat di sana,” kata Bahlil di Sumedang, Kamis, 11 Juli 2024, seperti dikutip dari Antara.

Bahlil menyebut airport itu bakal menjadi salah satu akomodasi bagi para tamu nan bakal mengikuti aktivitas upacara di IKN. Saat ini pemerintah terus berupaya untuk memastikan seluruh proyek prasarana di IKN melangkah sesuai agenda termasuk jalan tol sebagai akses IKN dapat dimanfaatkan untuk seremoni HUT Kemerdekaan RI.

“Kemudian akses tol juga nyaris jadi, ya kita doakan mudah-mudahan tinggal sekitar nyaris kurang lebih sekitar 10 kilometer."

Tol ini, menurut Bahlil, dapat menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, utamanya melintasi jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Dalam kesempatan itu Bahlil juga juga memastikan kehadiran presiden terpilih Prabowo Subianto pada agenda Upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Provinsi Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024. “Yang jelas Pak Prabowo bakal upacara tanggal 17 Agustus di IKN,” ucapnya.

Selain di IKN, penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN juga digelar di Istana Kepresidenan Jakarta. Upcara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa nan menjadi argumen upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi, lantaran saat ini tetap dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono blak-blakan membicarakan kondisi pembangunan terkini di IKN Nusantara. Dia mengatakan, hujan menjadi hambatan utama dalam melanjutkan pembangunan di ibu kota baru tersebut. 

Basuki menyampaikan ini ketika ditanya mengenai progres pembangunan jalan tol di IKN. Menteri PUPR itu mengatakan, tol seksi 6A dan 6B baru dikerjakan. Namun dia menjamin akses dari Pulau Balang menuju IKN sudah bisa dipakai pada Agustus 2024. 

Iklan

“Masalahnya di sana hanya satu, hujan. Bulan kemarin dari 30 hari, hanya 8 hari nan terang. Selebihnya hujan. Sekarang mengaspal pun pakai tenda, agar nggak kena hujan,” ujar Basuki.

Basuki juga menyebut bahwa dia mendapat laporan, pada Selasa malam IKN macet total disebabkan hujan. Padahal pemerintah sengaja mengatur agar batching plant beraksi pada malam hari. Batching plant adalah akomodasi produksi beton untuk mencampur pasir, air, semen dan agregat lain menjadi campuran beton nan siap digunakan.

Sehingga seperti sudah diumumkan sebelumnya, Basuki menyebut bahwa pembangunan eksterior di IKN diberhentikan sementara pada 10 Agustus menjelang upacara kemerdekaan. “Untuk indoor itu interiornya kelak mesti jalan terus, nan kita stop nan lampau di jalan. Nanti kita lanjutkan setelah 17 Agustus,” katanya.

Masih pada kesempatan nan sama, Basuki menyebut pengerjaan airport VVIP berjulukan Nusantara Airport terus berprogres. Dia sudah berjumpa dengan Menteri Perhubungan Budi Karya nan mengupayakan landasan pacu 2.200 meter bakal rampung menjelang 17 Agustus 2024.

Selain itu, Jalan tol IKN dapat mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Semula andaikan melewati Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku memerlukan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Jaringan jalan tol ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, utamanya melintasi jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang. Kementerian PUPR menargetkan jalan tol menuju IKN di Kalimantan Timur tahap 1 selesai pada Juli. 

Untuk tahap 1, pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah melangkah pada tiga seksi, ialah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 57 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Untuk Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini juga sudah dimulai pengadaan tanah dan konstruksinya dengan progres 4,8 persen pada Seksi 6A dan 17,5 persen pada Seksi 6B.

Pilihan Editor: Begini Progres Kesiapan IKN Terbaru nan Bakal Dipakai Jokowi Buat Upacara Agustus

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis