Bandara IKN Belum Siap Beroperasi, Tamu VVIP Dialihkan ke Sepinggan dan APT Pranoto

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) belum bisa beraksi pada seremoni 17 Agustus mendatang. Awalnya, Bandara IKN ditargetkan bisa beraksi di awal Agustus untuk menyambut penyelenggaraan HUT RI ke-79. 

“Cuma ada kurang dari 15 hari, nggak mungkin untuk kita menyelesaikan,” ungkap Budi Karya ketika ditemui usai aktivitas “Refleksi & Catatan: 10 Tahun Pemerintahan Jokowi di Bidang Konstruksi, Infrastruktur, dan Investasi” di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024. 

Meski cuaca di IKN sudah mulai membaik, pembangunan airport tetap belum selesai total. Target operasional pun dipastikan molor menjadi akhir Agustus. “Sudah mulai normal ya, jadi kita harapkan akhir Agustus kita selesai,” kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati juga membenarkan ucapan Menhub Budi Karya.

“Kita gak mau ambil resiko ya. Karena bikin landasan pacu itu kan tebal dan konstruksinya juga kudu kuat, kudu kering. Kita udah upayakan pakai modifikasi cuaca, udah diupayakan ditutup,“ ujar Adita kepada awak media pada Rabu.

Iklan

Kondisi cuaca nan ekstrem menjadi argumen utama molornya sasaran operasional bandara. Dalam sebulan, tutur Adita, hanya ada 8 hari nan tidak hujan.

Adapun mengenai sasaran awal operasional bandara, Adita mengaku Bandara IKN memang belum siap untuk beroperasi. “Sepertinya kurang realistis dan Pak Presiden sih kan udah bilang jangan dipaksakan,” tutur dia. 

Pemerintah telah menyiapkan skenario penerbangan untuk 17 Agustus mendatang, Adita mengungkapkan, ialah tamu VVIP bakal mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan, dan Bandara APT Pranoto, Samarinda. 

Pilihan Editor: Perekonomian RI Dianggap Tak Mendukung, Penerapan Cukai MBDK dan Plastik Mundur Terus

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis