Bappenas Pastikan Pelajar PAUD dan SD Dapat Makan Siang Gratis Tahun Depan, Jumlahnya Capai 38 Juta Siswa

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amich Alhumami menyebut program makan siang gratis bakal menyasar anak di tingkat pendidikan PAUD, sekolah dasar (SD), dan pesantren nan setingkat.

Dia memastikan program unggulan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto itu bakal mulai melangkah tahun depan. 

"Anak-anak di golongan usia sekolah itu paling memerlukan asupan gizi. Mereka memerlukan fondasi kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya," kata Amich kepada Tempo saat ditemui di kantornya, Selasa, 7 Mei 2024.

Amich mengatakan konsentrasi pemerintah menjalankan program makan siang cuma-cuma adalah menurunkan tingkat kekurangan gizi pada anak. Dia menargetkan nantinya sebanyak 62 juta pelajar bakal menjadi sasaran program tersebut. 

"Misalnya hanya PAUD, SD, dan pesantren, kira-kira 37-38 juta siswa. Itu juga bakal dipertimbangkan juga," tuturnya. 

Lebih lanjut, pejabat eselon I itu juga menyampaikan bahwa pemerintah turut mempertimbangkan apakah sekolah bertaraf internasional bakal menerima faedah program itu. Menurut dia, pelajar-pelajar di sekolah internasional bisa saja tidak menjadi penerima makan siang cuma-cuma lantaran sudah dalam tingkat perekonomian nan mapan. 

Iklan

Tak sampai di situ, Amich juga menyebut bahwa program makan siang cuma-cuma nantinya bakal terlebih dulu mengutamakan anak dari golongan family dengan level perekonomian rendah. Dia menyebut makan siang cuma-cuma dapat memberikan support nutrisi kepada anak dari golongan miskin. 

"Kebanyakan anak-anak dari family tidak bisa jarang sarapan sebelum berangkat sekolah. Itu bakal sangat mengganggu konsentrasi belajar," ujarnya. 

Amich memperkirakan jika anak sekolah mendapatkan asupan gizi nan baik maka bakal turut meningkatkan konsentrasi belajar. Dengan demikian, kata dia, setiap pelajar dapat memperoleh prestasi nan baik. 

Kemudian, dia juga mengungkap bahwa pelajar di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) bakal turut dipertimbangkan usai program makan siang cuma-cuma sukses di tingkat PAUD dan SD. 

Pilihan Editor: Kata Gibran tentang Kementerian Makan Siang Gratis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis