Bappenas Sebut Program Makan Siang Gratis Dijalankan Tahun Depan, Bujet Rp 20 Ribuan per Anak

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amich Alhumami memastikan program makan siang gratis bakal mulai melangkah mulai tahun 2025. Dia menyatakan pemerintah juga telah menentukan bujet program unggulan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto itu. 

"Kami sudah menimbang dan menganalisis. Kira-kira Rp 20 ribu sampai Rp 21 ribu per anak," kata Amich kepada Tempo saat ditemui di kantornya, Selasa, 7 Mei 2024.

Amich menjelaskan bujet anggaran ini lebih tinggi dibandingkan perkiraan pemerintah sebelumnya nan menyebut bujet makan siang cuma-cuma sebesar Rp 15 ribu per anak. Dia menyebut kenaikan bujet ini berasosiasi dengan kalkulasi nutrisi nan nantinya bakal dikonsumsi anak-anak. Menu makan siang cuma-cuma itu bakal bervariasi dan sudah termasuk susu. 

Lebih lanjut, pejabat eselon I itu juga membandingkan bujet makan siang cuma-cuma di sejumlah negara. "Merujuk pada pengalaman India dan Cina, jika anggaran dikonversikan ke rupiah maka senilai dengan Rp 20 ribu sampai Rp 21 ribu dan itu sudah siap dikonsumsi," tuturnya. 

Amich menyatakan penentuan bujet makan siang cuma-cuma per anak tersebut sudah memperhitungkan indeks kemahalan di setiap wilayah di Tanah Air. Menurut dia, bujet itu merupakan nomor rata-rata anggaran nan diperlukan untuk menjalankan makan siang cuma-cuma di masing-masing daerah. 

"Namun, pada saat penyelenggaraan di lapangan bisa saja berbeda," ujarnya. 

Tak sampai di situ, Amich juga mengungkap bahwa sasaran program tersebut selama tahap awal adalah anak di sekolah tingkat PAUD, sekolah dasar, pesantren, dan setingkatnya. Dia juga menyampaikan bahwa anak nan tidak berguru secara umum belum menjadi sasaran dalam program ini. 

Iklan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartartp menyampaikan bahwa anggaran untuk program makan siang cuma-cuma ini berkisar Rp 15 ribu per anak. Jumlah ini di luar anggaran untuk program susu gratis.

“Per anak kira-kira Rp 15 ribu,” kata Airlangga.

Menurut penuturan Airlangga, besaran anggaran itu bakal diterapkan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Meski begitu, dia belum bersedia untuk mengungkap secara spesifik wilayah mana saja nan anak mendapat program makan siang dan susu cuma-cuma ini.

Berdasarkan arsip visi-misi Prabowo-Gibran, program makan siang dan susu cuma-cuma untuk anak sekolah di Indonesia ini menargetkan lebih dari 82 juta penerima manfaat. Adapun cakupan 100 persen program ini dijadwalkan bakal terlaksana pada 2029.

Pilihan Editor: Terpopuler Bisnis: 40 Pabrik Baja Ilegal hingga 'Karpet Merah' Jokowi untuk Program Makan Siang Gratis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis