Basuki Hadimuljono Sebut Expo IKN di Penajam Jadi Magnet Tarik Investor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Penajam Paser Utara - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyebut Expo IKN 2024 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menjadi magnet untuk menarik penanammodal ke wilayah Benuo Taka itu.

"Kegiatan Expo IKN nan diadakan adalah magnet untuk menarik para penanammodal alias penanam modal ke Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Basuki Hadimuljono, nan juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Penajam, Kaltim, Jumat, 16 Agustus 2024.

Basuki Hadimuljono mengapresiasi Expo IKN, nan baru pertama kalinya digelar Pemerintah Kabupaten Penajam tersebut, saat memandang langsung gelaran tersebut.

"Baru pertama kali diadakan, tapi sudah banyak wilayah lain nan berpartisipasi, ada Jawa Tengah, Tangerang, Kalimantan Tengah, dan lainnya," jelasnya.

Partisipasi wilayah lain merupakan bukti potensi nan ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, sehingga sudah waktunya Kabupaten Penajam Paser Utara bangkit mengembangkannya.

Menurut Basuki Hadimuljono, andaikan Kabupaten Penajam Paser Utara memanfaatkan potensi nan dimiliki, sebagai wilayah mitra Kota Nusantara bisa mengiringi laju pembangunan ibu kota baru Indonesia itu.

Salah satu potensi nan dilirik penanammodal di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah kesiapan pangan, menurut Basuki Hadimuljono, andaikan belasan ribu hektare lahan nan dimiliki dikelola dengan baik bisa menjadi lumbung pangan bagi Kota Nusantara.

Iklan

"Kegiatan ekspo nan baru pertama kali, kami yakini bisa tarik minat investor, lantaran sebagai wilayah mitra ibu kota baru Indonesia," tambah Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Target investasi pada 2023 mencapai Rp2 triliun dan terealisasi 92 persen, kata dia, diharapkan pada 2024 ada peningkatan investasi nan masuk Kabupaten Penajam Paser Utara seiring perkembangan Kota Nusantara.

Pada Expo IKN tersebut disediakan lebih kurang 150 stan, nan diisi instansi, perusahaan maupun organisasi alias lembaga dari Kabupaten Penajam Paser Utara dan juga dari luar daerah, serta diisi upaya mikro mini menengah (UMKM) nan menjual beragam macam jajanan dengan nilai terjangkau.

Expo IKN nan digelar 15-17 Agustus 2024 tersebut juga dirangkai dengan intermezo rakyat, dan forum investasi memaparkan kesempatan investasi dengan narasumber dari dalam maupun luar negeri, sebut Makmur Marbun.

Pilihan Editor: AirAsia Terbang Perdana dari Bali ke Cairns Australia, Hubungkan Langsung Indonesia ke Tropical North Queensland

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis