Basuki Hadimuljono Sebut Hutama Karya hingga Jasa Marga Bakal Ikut Kelola Sistem Tol Nirsentuh

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sejumlah badan upaya jalan tol alias BUJT bakal ikut mengelola sistem pembayaran tol nirsentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF). Sebelumnya, pengelolaan MLFF hanya dipegang PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), perusahaan teknologi asal Hungaria.

“Jadi, sudah kita lebur. Tidak hanya RITS. Kalau RITS sendiri, pasti BUJT khawatir,” kata Basuki ketika ditemui di Kementerian PUPR, Jumat, 21 Juni 2024.

Basuki kemudian membeberkan sejumlah BUJT nan bersedia ikut tindakan korporasi dan melebur berbareng RITS. “Di antaranya Hutama Karya, Nusantara Infrastructure, Jasa Marga, ikut di situ,” katanya.

Kendati begitu, Basuki belum tahu berapa persen porsi kepemilikan RITS nan bakal diambil alih sejumlah BUJT tersebut. “Mereka sendiri kelak nan mengatur,” kata dia.

Basuki menyampaikan bahwa sistem MLFF bakal diterapkan di Indonesia secara berjenjang mulai akhir 2024. Sebelumnya, MLFF juga sudah diuji coba di ruas tol Bali Mandara pada Desember 2023. Namun, tetap ada beberapa perihal nan kudu dievaluasi. “Termasuk teknis dan manajerial. Saat ini sudah ada solusi dari sisi manajerialnya," kata Basuki, 28 Mei 2024, dikutip dari Antara.

"Saya optimistis MLFF bakal diimplementasikan secara berjenjang dengan tetap single lane alias hybrid tetap dengan kartu (e-Toll)," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Roatex Indonesia Toll System sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF, mengungkapkan bahwa pihaknya terus bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk memulai penerapan berjenjang MLFF pada akhir tahun ini.

"Proyek ini merupakan transformasi teknologi di jalan tol, khususnya dalam transaksi pembayaran," kata President Director of Roatex Indonesia Toll System Attila Keszeg.

Attila juga mengatakan bahwa pihaknya siap mendengar segala masukan dari Pemerintah Indonesia bahwa diperlukan transisi untuk menuju MLFF. Tahapan transisi ini termasuk proses sosialisasi ke masyarakat terutama mengenai proses registrasi kendaraan.

Sistem MLFF bakal diterapkan secara bertahap, ialah Single Lane Free Flow (SLFF) dengan barrier dan tapping (hybrid). Kemudian, dilanjutkan dengan masa transisi di mana diterapkan SLFF dengan barrier. Pada tahap selanjutnya, ialah SLFF tanpa barrier dan MLFF secara penuh.

RIRI RAHAYU | DICKY KURNIAWAN  

Pilihan Editor: Menteri ESDM Upayakan Gas Murah Setelah Temui Menteri PUPR

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis