Basuki Hadimuljono Sebut IKN Dibangun untuk Anak Muda: Bukan Buat Saya, Bukan Buat Pak Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai karya anak bangsa. Ia juga mengatakan IKN didesain menjadi kota masa depan untuk anak muda.

"IKN adalah untuk milenial dan gen Z. Bukan buat saya, bukan buat Pak Jokowi," kata Basuki dalam aktivitas ASN Talent Fest 2024 & Anugerah ASN 2023,Selasa, 27 Agustus 2024, dikutip dari kanal YouTube Kemenpan RB.

Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN itu menyatakan IKN menyatakan pemerintah menggunakan tiga prinsip dalam membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur itu. "Kualitas, estetika, keberlanjutan lingkungan," ujar Basuki.

Basuki juga menyatakan kualitas udara di IKN baik dan sehat. Menurutnya, perihal ini berbeda dengan kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya. "Anak-anak kita di Jabodetabek rentan penyakit. Tapi di sana (IKN) air quality di level 6. Sangat sehat," kata Basuki.

Karena itu, dia meminta para ASN tidak ragu untuk pindah tugas ke IKN. Sebab, menurut Basuki, IKN lebih baik daripada Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). 

"ASN (aparatur sipil negara) jika tidak mau pindah ke IKN, rugi," tutur Basuki. "Di Jakarta, di Jabodetabek, hidup bakal lebih susah."

Pasalnya, waktu nan dihabiskan untuk bekerja di Jabodetabek lebih panjang daripada IKN. Basuki menuturkan, berangkat kerja di Jabodetabek umumnya dimulai pukul 06.00 pagi. Namun, pulangnya bisa pukul 09.00 malam.  

Sementara di IKN, ASN bisa bekerja dengan waktu tempuh perjalanan 10 menit. Selain itu, dia mengatakan IKN mempunyai kualitas udara dan air nan baik. "Dan itu untuk karir Anda ke depan, itu di IKN," tuturnya.

Sebelumnya, Basuki juga mengatakan Presiden Jokowi bakal pindah ke IKN pada  September 2024. Kantor Presiden sudah siap digunakan, termasuk tempat tinggal presiden di Istana Negara. 

"Yang saya tahu, programnya Pak Presiden, jika kelak bandaranya beraksi minggu pertama September,  beliau pindahan," kata Basuki ketika ditemui di Kementerian PUPR,  Jumat, 23 Agustus 2024.

Ihwal progres pembangunan runaway alias landasan Bandara IKN, Basuki melanjutkan, saat ini progresnya sudah mencapai 1.100 meter dari 2.200 meter nan sebelumnya ditargetkan rampung Agustus ini. Bila tidak terkendala hujan, dia berujar, 2.200 meter landasan pacu itu bisa selesai dibangun pada 2 September 2024. 

"Runaway selesai, kelak dua hari masang lampu-lampu, sehingga bisa dimanfaatkan pada minggu pertama (September)" ujarnya. Sementara itu,  penyelesaian penuh landasan pacu 3.300 meter ditargetkan selesai Desember 2024.

Pilihan Editor: Sederet Fakta Bandara IKN nan Jadi Syarat Kepindahan Jokowi ke Nusantara

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis