Basuki Hadimuljono Sebut Pembangunan Istana dan Rumah Menteri di IKN Sudah 82 Persen

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Yogyakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut saat ini progres pembangunan istana dan rumah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai 82 persen. 

"IKN  sudah 82 persen. Nanti setelah 20 Juli kelak semua bakal terlihat hasilnya. Kalau sekarang lagi penyelesaian 82 persen," kata Basuki usai Upacara Pengarahan dan Penerjunan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat di Gedung Pusat (Balairung) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat, 28 Juni 2024.

Basuki menjelaskan rata-rata progres pembangunan nan mencapai 82 persen itu meliputi istana, instansi presiden, kantor-kantor menteri koordinator, rumah kedudukan menteri, rumah Aparatur Sipil Negara (ASN) 12 tower.

“Insya Allah bakal bisa kita selesaikan pada Juli," tutur Basuki.

Ia memperkirakan perpindahan para menteri ke ibu kota baru itu kemungkinan setelah Agustus 2024. “Kalau pindahnya kelak setelah Agustus, lantaran Agustus dipakai dulu untuk upacara 17-an," kata Basuki.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebelumnya mengatakan penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Iklan

Muhadjir mengatakan penyelenggaraan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan, Upacara HUT Ke-79 RI di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi menyebut argumen upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua letak lantaran saat ini tetap dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN. BIla sudah ada Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN maka upacara 17 Agustus 2025 bakal digelar di IKN.

Pilihan Editor: Upacara 17 Agustus Digelar di Jakarta dan IKN, Raja Juli: Selamat Datang Ibu Kota Baru, Jangan Lupa Jakarta

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis