Basuki Respons Kritik soal Desain Istana Garuda IKN: Nanti Jadi Hijau

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nan juga Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono memastikan desain Istana Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak berubah.

Basuki menegaskan rancangan gedung bakal sama seperti kreasi akhir karya arsitek I Nyoman Nuarta. Hal itu dia sampaikan merespons sejumlah publik nan mempertanyakan warna Istana Garuda nan seperti perunggu dan bukan hijau seperti kreasi awal.

"Kalau menurut Pak Nyoman Nuarta itu kelak jika kena oksidasi itu jadi hijau," kata Basuki di Kantor Kemensetneg Jakarta, Selasa (6/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki menyebut kondisi oksidasi di Istana Garuda kurang lebih bakal sama dengan proses oksidasi patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Basuki tetap belum bisa memastikan butuh berapa lama proses oksidasi berlangsung. Adapun proses oksidasi alami berjalan secara terus menerus dan perlu waktu relatif lama.

Apabila berkaca pada GWK, gedung ikonik di Bali itu memerlukan waktu 10-15 tahun untuk menghasilkan warna hijau patina alami pada GWK.

"Kita lihat jika GWK itu berapa lama, kan ini IKN untuk jangka panjang," ujar Basuki.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional