Batal Dukung Edy Rahmayadi di Sumut, PKS Singgung Sikap PDIP

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

DPP PKS mengakui sempat berkomunikasi intens dengan Eks Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sebelum memutuskan untuk mendukung Bobby Nasution-Surya di Pilgub Sumut 2024.

Politikus PKS Tifatul Sembiring apalagi menyebut komunikasi dengan Edy itu dilakukan secara intens lantaran PKS sempat mengusung Edy di Pilkada Sumut 2018.

"Komunikasi PKS dengan kedua cagub ini tentu terbuka. Tapi terus terang, kami sangat intensif dengan Pak Edy, karena sudah ada pengalaman 5 tahun sebelumnya," kata Tifatul melalui cuitan di akun X resminya @tifsembiring, Rabu (7/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tifatul menyebut PKS juga sempat meminta Edy untuk mencari parpol pendukung lain di Sumut agar memenuhi syarat pencalonan.

"Syarat jumlah bangku untuk bisa mengusulkan Calon Gubernur Sumut: 20 kursi. PKS tidak bisa mengusung sendiri, tidak cukup 10 kursi, kudu berkoalisi dengan partai2 lain," kata Tifatul.

"Jadi kami minta pak Edy agar berupaya mencari partai lain hingga mencapai 20%, agar bisa mengusung beliau. Nah, Pak Edy mengatakan bahwa PDIP sudah oke," imbuhnya.

Kendati demikian, Tifatul mengatakan PDIP tak kunjung memberikan kepastian apakah bakal mendukung Edy di Pilkada Sumut 2024.

Oleh lantaran itu, kata dia, PKS akhirnya memutuskan memberikan SK support kepada Bobby-Surya untuk memperebutkan bangku Sumut 1.

"Bahkan sampai hari ini (7/8), PDIP belum memberikan SK cagub kepada pak Edy. Belum ada kepastian, dan siapa cawagubnya. Jadi PKS Sumut kudu menunggu sampai kapan?" tutur dia.

"Padahal ada batas-batas waktu, administrasi, agenda pilkada, pendaftaran, syarat-syarat calon dan lain-lain nan kudu dilengkapi semua," sambungnya.

Di sisi lain, Tifatul menepis sejumlah kritik nan dilontarkan terhadap partainya usai mendukung Bobby di Pilkada 2024.

Tifatul menyatakan support PKS kepada Bobby telah sesuai dengan garis perjuangan partai dan bukan lantaran tergiur iming-iming politik.

"Ada nan menuduh PKS mendukung politik dinasti lah, suul khotimah, tergiur biaya dan sebagainya. Bukan begitu saudara-saudaraku. Insya Allah PKS tidak berubah," tegas dia.

Sebelumnya, PKS telah resmi mendukung Bobby dan Bupati Asahan, Surya sebagai cagub-cawagub di Pilkada Sumut 2024.

Bobby nan juga Mantu Presiden Jokowi itu memborong support dari delapan partai politik untuk maju di Pilgub Sumut antara lain Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, NasDem, PPP, dan PKS.

(mab/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional