BEM SI Beri Nilai 10 Dari 100 untuk 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 22 Jul 2024 17:34 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) memberikan nilai 10 dari 100 untuk kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Demo BEM SI di Patung Kuda, Jakarta, Senin (22/7). Mereka memberikan nilai 10 dari 100 selama 10 tahun kepemimpinan Jokowi. (CNN Indonesia/Lina Itafiana)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) memberikan nilai 10 dari 100 untuk 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau kita beri nilai ya dari 100 mungkin penilaiannya 10 lantaran 90 persen itu kandas dalam membikin kebijakan," kata Koordinator Pusat BEM SI Herianto di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Menurutnya, Jokowi tak pernah melibatkan masyarakat dalam setiap membikin kebijakan. Kebijakan-kebijakan itu, kata dia, hanya menguntungkan beberapa golongan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tidak pernah melibatkan masyarakat sehingga kebijakan-kebijakan itu hanya untuk kepentingan segolongan saja tidak kepentingan masyarakat," ujarnya.

BEM SI menilai Jokowi kandas dalam memimpin negara. Herianto menyebut mestinya Jokowi meninggalkan legitimasi nan baik kepada masyarakat.

"Jangan dia meninggalkan utang udah banyak dan kebijakan nan membikin gaduh dan sebagainya. Ini jadi beban presiden nan baru," tutur Herianto.

Dalam tindakan ini, setidaknya ada 12 tuntutan nan BEM SI suarakan. Beberapa tuntutan di antaranya meminta Presiden Jokowi untuk tidak cawe-cawe di Pilkada 2024, menolak kembalinya dwifungsi TNI Polri demi kerakyatan Indonesia, serta mengesahkan UU Perampasan Aset dan RUU Masyarakat Adat.

Kemudian, mencabut UU Tapera dan revisi kembali pasal-pasal nan bermasalah, mencabut dan merevisi Permendikbud Nomor 2 tahun 2024, serta menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat dan tindak tegas pelaku represifitas kepolisian.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari istana mengenai demo BEM SI soal 10 tahun kepemimpinan Jokowi ini. 

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional