Bendera Pusaka-Naskah Proklamasi Dikirab Kembali ke Jakarta dari IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bendera pusaka merah putih dan naskah teks proklamasi akan dikirab untuk dikembalikan dan disimpan di Jakarta dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini, Sabtu (31/8).

Bendera dan naskah proklamasi itu dibawa ke IKN untuk seremoni HUT ke-79 Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 lalu.

Dikutip dari akun IG Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, @dkijakarta, kirab bakal dilakukan pukul 14.00 WIB. Untuk memeriahkannya, pemprov bakal mendirikan sejumlah panggung intermezo di sekitar area Monumen Nasional (Monas).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yuk, ramaikan dan ajak semua kerabat untuk ikut serta memeriahkan acaranya ya," demikian unggahan di akun tersebut.

[Gambas:Instagram]

Dalam unggahan nan sama, disebutkan bahwa rute kirab adalah Bandara Halim Perdana Kusuma, Jalan Halim Perdana Kusuma, Cawang lewan jalan non-tol, Simpang Susun Semanggi, Bundaran Hotel Indonesia.

Lalu kirab bakal melintasi Sarinah, Patung Kuda,Jalan Medan Merdeka Selatan dan masuk Monas melalui Pintu Silang Tenggara Monas di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat alias Pintu Gambir.

Kirab kemudian bakal menuju sisi timur Monas dan masuk ke dalam cangkir Monas di mana selama ini bendera pusaka dan naskah proklamasi disimpan.

Hindari area Monas

Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi mengimbau penduduk untuk menghindari area Monas hari ini.

Dilansir dari Antara, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam mengatakan penduduk sebaiknya menggunakan rute-rute pengganti di sekitar Monas.

"Kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari area tersebut dan mencari rute pengganti lain guna menghindari kepadatan lampau lintas," kata Ade Ary Syam di Jakarta, Sabtu (31/8).

Menurutnya, kirab bakal dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Sebanyak 40 personel campuran dari TNI, Polri hingga Satpol PP dikerahkan untuk pengamanan di area Monas.

Rekayasa lampau lintas disiapkan jika memang kemacetan tak terhindarkan.

Untuk pertama kalinya, barang berhistoris milik negara tersebut digunakan dalam prosesi resmi kenegaraan di luar Ibu Kota Jakarta. Setelah upacara di IKN selesai, salinan bendera dan naskah proklamasi kudu dipulangkan lagi ke tempat penyimpanannya di Monas.

(ant/sur)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional