Bima Arya Ungkap RK Maju di Jabar Atau Jakarta Tunggu 'Nasib' Anies

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

WHAT THE FACT! POLITICS

CNN Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 19:39 WIB

Bima Arya mengatakan 'nasib' Anies bakal menentukan koalisi nan bakal dibangun parpol di Jakarta dan Jawa Barat. Politisi PAN Bima Arya mengatakan majunya Ridwan Kamil di Jakarta alias Jabar berjuntai pada 'nasib' Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Wali Kota Bogor sekaligus Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan keputusan Ridwan Kamil (RK) maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat alias DKI Jakarta 2024 tergantung pada maju alias tidaknya Anies Baswedan di Jakarta.

Sebab, kata dia, perihal ini berpengaruh pada koalisi nan bakal dibangun partai politik (parpol).

"Jadi apakah Mas Anies maju alias tidak di Jakarta itu sangat mempengaruhi apakah Kang Emil maju di Jakarta alias Jawa Barat," kata Bima dalam Podcast What the Fact! Politics CNNIndonesia.com, Jumat (12/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun menyatakan majunya Anies alias Ridwan Kamil di Pilkada 2024 ditentukan oleh ketua parpol. Bima menuturkan baik Anies maupun Ridwan Kamil tak punya kuasa sendiri untuk menentukan maju alias tidaknya di Pilgub.

"Majunya Mas Anies, majunya Kang Emil itu kan juga ditentukan oleh kesepakatan. Langitan tadi. Nah, itu bab nan tentunya enggak bisa diintervensi," ucap dia.

Bima mengatakan tetap banyak nan belum pasti dalam Pilkada Jabar. Dia menegaskan sampai saat ini belum keputusan resmi dari para elite parpol.

"Kita lihat nanti. Karena sekarang ini kan semua tetap belum pasti. Masih dinamis. Apa saja mungkin. Dan sebagai politisi, kita itu kudu siap dengan segala kemungkinan," kata dia.

Bima pun tak menutup kemungkinan bakal muncul kejutan alias plot twist jelang pendaftaran pasangan calon pada Agustus nanti.

Karena itu, dia mengatakan terus berkomunikasi dengan elite politik lain di Jawa Barat belakangan ini. Mulai dari Ridwan Kamil, Ketua PDIP Jawa Barat Ono Surono, politisi Gerindra Dedi Mulyadi, hingga elite PKS Iwan Suryawan.

"Saya sudah ketemu dengan Kang Uu. Wakil gubernur terakhir. Saya datang ke tempat beliau banyak obrolan juga gitu. Nanti begitu ada nama-nama lain, ya siap pasti berdiskusi," kata dia.

Anies disebut bakal maju lagi di Pilgub DKI Jakarta 2024. Dia telah mengantongi support dari DPP PKS dan DPW PKB Jakarta. Namanya juga diusulkan DPW NasDem Jakarta dan DPD PDIP DKI Jakarta kepada DPP.

Sementara Ridwan Kamil nan merupakan politisi Golkar digadang maju di Pilkada Jakarta alias Jabar. Sementara itu, Gerindra memberikan support untuk Dedi Mulyadi.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional