Blusukan di Solo, Gibran Perkenalkan Mangkunagara X Bhre ke Warga

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surakarta, CNN Indonesia --

Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunagara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo blusukan di Kampung Harmoni, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jumat (26/7). Mantan Wali Kota Solo itu memperkenalkan Bhre sebagai calon penggantinya di Solo.

Pantauan CNNIndonesia.com, Gibran dan Bhre tiba di letak menggunakan satu mobil. Kedatangan dua tokoh itu langsung disambut puluhan penduduk nan sudah menunggu di depan gang masuk Kampung Harmoni.

Gibran dan Bhre kemudian melangkah menyusuri gang sempit di permukiman padat masyarakat itu. Sepanjang jalan, Bhre membagikan kitab bergambar susu dan kitab tulis bergambar Puro Mangkunegaran kepada anak-anak nan mengerumuninya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara Gibran tampak berbincang dengan sekelompok warga.

"Sudah kenal belum? Itu Gusti Bhre," katanya sembari menunjuk ke arah Bhre.

Bhre lampau memperkenalkan diri kepada penduduk di sekeliling Gibran. Ia juga membagikan kitab tulis dan susu kepada anak-anak penduduk tersebut.

Selama blusukan, Gibran dan Bhre diikuti relawan pendukung Prabowo-Gibran di Pemilu 2024 lalu. Mengenakan kaus hitam bergambar siluet Gibran dengan tulisan Bolone Mase, mereka memperkenalkan Bhre sebagai calon Wali Kota Solo menggantikan Gibran nan bakal segera dilantik menjadi Wakil Presiden.

Ditanya usai blusukan, Gibran membantah aktivitas blusukan di permukiman padat masyarakat itu bermaksud untuk memperkenalkan Bhre sebagai calon wali kota Solo.

"Enggak, beliau kenalan sendiri kok. Saya kan di belakang terus," kata Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tak menjawab dengan tegas saat ditanya mengenai dukungannya untuk Bhre di Pilwalkot Solo 2024.

"Untuk support itu kembali lagi ke penduduk ya," kata dia.

Bhre sendiri sudah mengantongi support resmi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ketua Kaesang Pangarep menjadi calon Wali Kota Solo. Meski didukung adiknya, Gibran menampik blusukan berbareng penguasa Puro Mangkunegaran itu bermaksud untuk mengkampanyekan Bhre.

"Enggak (kampanye), ini shopping masalah. Tadi ke Gandekan, Pucangsawit, Sangkrah. Belanja masalah RTLH, masalah stunting," kata dia.

"Kampanye kan belum dimulai. Apa nan dikampanyekan? Kan bagi-bagi aja. Bagi-bagi kitab tulis," kata dia.

Sementara itu, Bhre merasa senang bisa berinteraksi langsung dengan warga. Ia mengaku ikut blusukan atas rayuan Gibran.

"Mas Gibran ngajak jalan-jalan, ya saya ikut jalan-jalan aja," kata dia.

Terkait kitab bergambar Puro Mangkunegaran dan susu bungkusan nan dibagikan kepada anak-anak, Bhre mengaku tidak ada tujuan khusus. Apalagi mengenai Pilkada 2024.

"Itu kenang-kenangan aja. Semoga berfaedah untuk dipakai sekolah, untuk dipakai sehari-hari," kata dia.

Pria berdarah ningrat itu pun enggan menjawab dengan tegas saat ditanya mengenai pencalonannya sebagai Wali Kota Solo di Pilkada 2024.

"Kita lihat dulu ya," kata Bhre.

(syd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional