Bobby Dianggap Gajah, PDIP Galang Koalisi Semut di Pilgub Sumut

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 11 Jul 2024 15:19 WIB

PDIP mengibaratkan kubu Bobby Nasution sebagai koalisi gajah. PDIP pun menjajaki kemungkinan menggandeng PKS dalam koalisi semut melawan Bobby. Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Partai, Djarot Saiful Hidayat di instansi DPP PDIP. (CNN Indonesia/Thohirin)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan menyiapkan koalisi semut untuk melawan koalisi gendut nan bakal mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Bobby saat ini didukung oleh Gerindra, Golkar, PAN, PKB, NasDem dan Partai Demokrat. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menjelaskan kenapa partai mengibaratkan kerja sama koalisi nanti dengan semut. Sebab, menurut Djarot, pihak nan bakal dihadapi seumpama seekor gajah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita bakal berupaya untuk tetap membangun koalisi, membangun kerja sama dengan rakyat di bawah. Kita bakal corak koalisi sendiri. Biarkan semut melawan gajah," kata Djarot di kompleks parlemen, Kamis (11/7).

Dia menyadari saat ini PDIP menjadi kunci untuk melawan kekuasaan Bobby di Sumut. Oleh lantaran itu, Djarot memastikan menantu Presiden Joko Widodo itu tak bakal melawan kotak kosong.

Saat ini, lanjut Djarot, pihaknya telah menjajaki komunikasi dengan sejumlah partai nan belum menyatakan support kepada Bobby, salah satunya PKS.

Djarot bilang belum lama ini PDIP telah berkomunikasi setelah dua kali dengan PKS .

"Untuk Sumut ini tetap pendalaman dan kita membangun komunikasi dengan partai-partai nan belum berasosiasi ke sana, ada kan PKS," kata Djarot.

Dia mengaku tak pesimis meski partainya bakal melawan koalisi super gendut pendukung Bobby. Dalam pilkada, kata Djarot, nan berpengaruh besar adalah figur, bukan koalisi.

Anggota Komisi IV DPR itu menyebut partainya telah menyiapkan sejumlah nama, seperti Nikson Nababan hingga Edy Rahmayadi. Namun, Djarot menyebut keputusan resmi soal itu bakal diumumkan langsung Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Untuk itu maka hasil penjaringan ini bakal disampaikan di dalam rapat penuh DPP nan langsung dipimpin kelak keputusannya tergantung kepada ibu ketua umum," katanya.

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional