Bobby Nasution Nonaktifkan Kadis Kesehatan Medan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 00:20 WIB

Wali Kota Medan Bobby Nasution menonaktifkan Taufik Ririansyah dari kedudukan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Medan usai diduga menyalahgunakan BOK puskesmas. Wali Kota Medan Bobby Nasution menonaktifkan Taufik Ririansyah dari kedudukan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Medan usai diduga menyalahgunakan BOK puskesmas. (CNN Indonesia/Farida Noris Maxi).

Medan, CNN Indonesia --

Wali Kota Medan Bobby Nasution menonaktifkan Taufik Ririansyah dari kedudukan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Medan.

Keputusan itu diambil terkait dugaan Taufik menyalahgunakan support operasional kesehatan (BOK) berupa pengadaan peralatan dan jasa di puskesmas. Tak hanya itu, Taufik juga diperiksa oleh inspektorat Kota Medan.

Bobby menjelaskan keputusan ini diambil lantaran temuan inspektorat sejak 2021 hingga 2023 belum ditindaklanjuti oleh Taufik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami berhentikan sementara demi pemeriksaan di inspektorat lantaran laporan hasil pemeriksaan belum ada. Temuan inspektorat dari 2021 sampai 2023 belum ada nan ditindaklanjuti sama sekali. Kami mau pemerintahan ini tertib administrasi," kata Bobby di Pemko Medan, Senin (22/7).

Menurut mantu Presiden RI Jokowi itu, Taufik juga telah dipanggil oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan mengenai tindak lanjut laporan inspektorat Medan.

"Demi pemeriksaan, inspektorat mengusulkan pemberian surat penonaktifan sementara. Kami juga menerima surat dari Bapak Kajari ada pemanggilan Kepala Dinas Kesehatan mengenai dugaan aktivitas pengadaan peralatan dan jasa di tahun 2023," terangnya.

Bobby kembali menegaskan agar seluruh ASN (aparatur sipil negara) di Kota Medan menghindari kegiatan-kegiatan nan merugikan masyarakat, terutama dalam perihal tindak pidana korupsi dan pungutan liar (pungli).

"Ini nan selalu kami sampaikan, untuk pegawai di Kota Medan, jangan ada lagi kegiatan-kegiatan nan merugikan masyarakat, dalam perihal tindak pidana korupsi ataupun pungli, " ucapnya.

Bobby melantik Taufik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan pada akhir 2021. Saat itu Dinas Kesehatan Kota Medan diminta mengoptimalkan penanganan COVID-19.

"Oleh lantaran itu, kita inginkan seluruh jejeran Pemkot Medan tetap mengikuti kesepakatan nan sudah kita lakukan bersama-sama," pungkas Bobby.

(fnr/sfr)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional