Bos Maktour Travel Bantah Perjalanan Umrah SYL Fiktif

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 27 Mei 2024 18:57 WIB

Pemilik Maktour Travel Fuad Hasan Masyhur mengatakan pihaknya memfasilitasi eks Mentan SYL dan pejabat Kementan untuk ibadah umrah. Pemilik Maktour Travel Fuad Hasan Masyhur mengaku telah menjawab seluruh pertanyaan interogator KPK saat memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan TPPU mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilik Maktour Travel Fuad Hasan Masyhur mengaku telah menjawab seluruh pertanyaan penyidik KPK saat memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan TPPU mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Fuad mengaku turut menunjukkan sejumlah arsip perjalanan nan dilakukan rombongan Kementan. Dokumen itu juga untuk membantah tudingan pihaknya memfasilitasi perjalanan fiktif SYL dan rombongan.

"Makanya tadi saya bawa dokumennya bahwa ini benar, ada perjalanan. Jadi tidak fiktif. Ada perjalanan untuk umrahnya mungkin 3 hari saja lantaran ada pertemuan di Riyadh pada tanggal 2 Desember," kata Fuad usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Senin (25/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut, Fuad menegaskan perjalanan nan dilakukan rombongan Kementan itu pun juga dibayar.

Di sisi lain, Fuad menyebut penyidik KPK juga sempat menyampaikan permohonan maaf atas adanya miskomunikasi dalam pemanggilan dirinya sebagai saksi sebelumnya.

Ia menyebut interogator lembaga antirasuah sempat salah info tentang letak dirinya menetap ketika mengirim surat panggilan pemeriksaan.

"Jadi mereka juga minta maaf lantaran panggilan sebelumnya ada miskomunikasi jadi saya diminta datang di Sulawesi di Makassar sedangkan saya menetap disini," ujarnya,

"Jadi saya jelaskan semua kenapa saya tidak datang bukan lantaran tidak kooperatif tapi lantaran merasa tidak pernah ada panggilan tapi tadi sudah clear semua," sambungnya.

Sebelumnya, dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Pengadilan Tipikor Jakarta, SYL berbareng anak buahnya di Kementerian Pertanian dan family disebut sempat melaksanakan ibadah umrah dengan memakai jasa Maktour Travel.

Dalam proses investigasi TPPU ini tim interogator juga terus melakukan pencarian aset-aset SYL nan diduga berasal dari tindak pidana korupsi.

Teranyar, lembaga antirasuah menemukan satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar nan diduga sengaja disembunyikan di lahan kosong Perumahan Bumi Permata Hijau, Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan.

(mab/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional