BRI Konsisten Turunkan ESG Risk Rating

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI bekerjasama dengan Morningstar Sustainalytics, telah menyelesaikan tinjauan tahunan nan menghasilkan pencapaian luar biasa dimana perseroan secara konsisten sukses menurunkan Environmental, Social, and Governance (ESG) Risk Rating. Selama dua tahun berturut-turut, BRI sukses mempertahankan predikat Low Risk, dengan skor terbaru 17,8.

Predikat Low Risk nan diberikan Sustainalytics merupakan sebuah pengakuan lembaga rating berskala internasional terhadap komitmen BRI atas penerapan keberlanjutan dalam perusahaan. “BRI memahami pencapaian skor ESG nan tinggi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan merupakan upaya berkepanjangan untuk memastikan tetap berada di jalur nan betul dan memenuhi standar internasional,” kata Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, lanjut Solichin, BRI tidak hanya mengejar untung finansial semata, tetapi juga meletakkan perhatian besar pada akibat sosial, lingkungan dan tata kelola. Hal ini diwujudkan melalui komitmen ESG nan telah sesuai standar internasional.

Menurut dia, penerapan ESG oleh BRI telah mencatatkan beragam torehan istimewa. Perseroan sukses mencapai sejumlah hasil positif dalam penerapan ESG. Pada 2024, ranking ESG BRI oleh Standard & Poor's (S&P) mengalami peningkatan signifikan, dari 63 menjadi 75, nan merupakan skor tertinggi di industri perbankan Indonesia. Selain itu, BRI juga sukses mempertahankan rating Morgan Stanley Capital International (MSCI) pada nilai A selama tiga tahun berturut-turut.

Dengan pendekatan nan semakin berfokus pada keberlanjutan, BRI menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan bukan hanya kunci untuk masa depan, tetapi juga pilar krusial dalam meraih kesuksesan jangka panjang.

Ekonom Ryan Kiryanto mengapresiasi komitmen BRI dalam menerapkan prinsip ESG. Menurutnya, BRI telah sukses mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG ke dalam operasional perusahaan dengan transparansi nan tinggi dan akibat nyata nan signifikan. "BRI adalah contoh cemerlang dari sebuah lembaga keuanganyang tidak hanya memenuhi standar ESG, tetapi juga menunjukkan dedikasi nan konsisten dalam menerapkannya,” kata Ryan. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis