Bripka Arui Raih Hoegeng Awards Kategori Polisi Tapal Batas-Pedalaman

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bripka Septinus Arui nan bekerja sebagai Bhabinkamtibmas Kampung Ayambori, Kabupaten Manokwari, meraih penghargaan Hoegeng Awards 2024, kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Dedikasinya mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar di sebuah sekolah dasar (SD) terpencil nan tak ada pembimbing di Papua Barat, membuatnya didapuk dengan penghargaan tersebut.

Bripka Arui terpilih sebagai Polisi Tapal Batas dan Pedalaman, usai mengalahkan dua nama lain nan masuk ke tiga besar nominasi ialah Kasat Samapta Polres Nunukan AKP I Eka Berlin, dan Kanit Tipikor Satreskrim Polres Simeulue Aipda Wardika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tahun 2014, saya dipindahkan ke Polsek Amberbaken sebagai personil bhabinkamtimbas. Saya melakukan sambang, apalagi juga kunjungan dan patroli ke wilayah binaan," kata Bripka Auri, seperti dikutip detikcom.

"Nah di situ saya lihat salah satu kampung nan anak-anaknya tidak belajar, malah bermain, ikut orang tua ke kebun," imbuhnya.

Melihat kondisi itu, dia mendapat cerita dari salah satu orang tua siswa bahwa sekolah SD Inpres 102 Wasnembri itu tak pernah didatangi oleh guru. Bahkan sebelumnya, pembimbing hanya datang saat pekan ujian akhir.

Dia lampau berinisiatif mengaktifkan kembali aktivitas belajar dan mengajar di sekolah itu, karena meyakini pendidikan lah satu-satunya bekal utama bagi anak-anak di kampung pedalaman Papua Barat itu.

"Waktu itu iba anak-anak, lantaran nan bisa merubah karakter, mental dan keahlian mereka hanya pendidikan. Saya punya rasa kasih sayang pada mereka. Kasihan jika mereka tidak sekolah, gimana masa depan mereka? Sekarang ini sudah 40 siswa SD Inpers 102," ungkap polisi nan juga pendeta ini.

Penganugerahan Hoegeng Awards 2024 digelar di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Jumat (12/7) malam.

Untuk nominasi Polisi Tapal Batas dan Pedalaman dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman, nan juga sebagai Dewan Pakar Hoegeng Awards 2024.

Dewan Pakar Hoegeng Awards 2024 berkedudukan krusial dalam pemilihan penerima penghargaan ini. Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2024, ialah Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., Anggota Kompolnas Poengky Indarti, S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi. Anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM dan Wakil Ketua Komisi III DPR, Dr. Habiburokhman, S.H., M.H.

(tim)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional