Buku Biografi Jokowi Karya Darmawan Terbit Dalam Bahasa Jepang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Buku riwayat hidup 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia' karya Darmawan Prasodjo resmi diluncurkan dalam jenis bahasa Jepang, setelah sebelumnya diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Arab, Korea dan Spanyol.

Buku nan menceritakan keahlian Presiden ke-7 RI ini pun mendapat apresiasi dari beragam pihak. Peluncuran kitab jenis bahasa Jepang ini juga bakal memperkokoh hubungan Indonesia-Jepang nan sudah terjalin baik.

Peluncuran kitab dilakukan di Akasaka Intercity Conference Center (AICC), Tokyo, Jepang, pada Kamis (23/5) dihadiri oleh ratusan peserta. Antara lain, Perwakilan KBRI, civitas akademika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, pelaku bisnis, dan mahasiswa Jepang nan berasal dari Indonesia dan beberapa negara lainnya datang membanjiri AICC, Tokyo.

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang, Maria Renata Hutagalung menilai, kepemimpinan Presiden Joko Widodo terbukti efektif mendorong geliat perekonomian, khususnya dalam hubungan bilateral ekonomi Indonesia dan Jepang.

"Pembangunan di era Presiden Jokowi sangat fenomenal. Banyak angan pembangunan nan sebelumnya hanya pembahasan visi dapat diwujudkan oleh Pak Jokowi," ujar Maria.

"Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Pak Jokowi merupakan sosok nan sangat inspiratif dan banyak menginspirasi masyarakat global," kata Maria.

Maria berambisi diluncurkannya kitab Biografi Jokowi dalam bahasa Jepang ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Jepang. Capaian keberhasilan Presiden Jokowi dalam memimpin negeri juga mendapat apresiasi dari kalangan akademisi.

Sementara Pengamat ekonomi Asia dan hubungan internasional Tirta Nugraha Mursitama nan juga Wakil Rektor Universitas Bina Nusantara mengatakan kepiawaian Presiden Jokowi membaca situasi dunia dan mengambil keputusan dengan jeli bisa membawa Indonesia bersaing di tingkat global.

"Presiden Jokowi tidak hanya memahami situasi dalam negeri tetapi juga sekaligus bisa menjawab tantangan persaingan di tingkat global. Sehingga dalam kebijakannya, Presiden Jokowi mengambil langkah-langkah strategis untuk kepentingan nan lebih luas," ujarnya.

Ia mencontohkan, Presiden Jokowi menghadirkan produk izin Undang-Undang Cipta Kerja nan diterbitkan guna mendukung suasana investasi di Indonesia.

Beleid ini sukses disahkan dan sukses mendukung kepentingan industri dalam negeri. Ia pun menyoroti kebijakan hilirisasi industri Presiden Jokowi nan menjadi komponen krusial dalam meningkatkan geliat investasi di Indonesia.

Senada, konsultan sekaligus praktisi upaya Indonesia-Jepang, Hasanudin Abdurakhman, menjelaskan kebijakan-kebijakan nan dihadirkan di era Presiden Jokowi nan sukses membangun sistem ekonomi, mendapatkan pujian dari perusahaan Jepang.

Ia menceritakan gimana pembangunan prasarana seperti jalan dan kelistrikan saat masa pemerintahan Presiden Jokowi mendukung berkembangnya industri di Tanah Air.

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, Hasanudin juga mengapresiasi penyesuaian izin nan dibuat saat pemerintahan Presiden Jokowi mendukung suasana upaya di Indonesia, sehingga semakin banyak penanammodal nan tertarik berinvestasi.

"Dulu Undang-Undang Ketenagakerjaan dibangun untuk menjamin kesejahteraan buruh. Kini, Undang-Undang Cipta Kerja bukan hanya mendukung kesejahteraan buruh, tetapi juga sangat mendukung pengembangan upaya dan kemudahan berusaha," tambahnya.

Sepuluh tahun terakhir Indonesia telah mengalami transformasi besar, dulu pembangunan hanya dirasakan di kota-kota besar, sekarang pembangunan kian merata dan dirasakan sampai ke pelosok negeri.

Penulis kitab 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia', Darmawan Prasodjo mengatakan kitab nan ditulis ini tidak hanya berbasis pada perspektif pandang teknokratis, tetapi mengisahkan gimana Presiden Jokowi memetakan mimpi Indonesia dari seluruh rakyat dan membangunnya dalam sebuah kebijakan.

Buku nan sekarang datang dalam bahasa Jepang ini juga bakal menjadi inspirasi masyarakat Jepang dan bakal memperkuat fondasi hubungan Indonesia dengan Jepang.

"Tidak hanya selesai pada pertumbuhan ekonomi nan berkembang pesat, Presiden Jokowi juga memberikan akses pendidikan hingga kesehatan pada seluruh masyarakat serta memanfaatkan sumber daya nasional. Langkah Presiden Jokowi ini menjadi fondasi kuat dalam mengakselerasi perekonomian nasional," imbuhnya.

Darmawan menjelaskan, upaya pemerataan pembangunan telah menjadi fondasi nan strategis untuk keberlanjutan Indonesia mendatang. Darmawan optimistis, Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal bisa memperkuat pembangunan nasional nan bakal berkapak kepada pertumbuhan ekonomi.

"Kita bisa memandang tekad nan kuat dari Presiden terpilih Pak Prabowo untuk melanjutkan kemajuan nan dilakukan Pak Jokowi. Pak Prabowo juga berkomitmen untuk menghilangkan kelaparan, mengentaskan kemiskinan, dan memberikan kesejahteraan kepada rakyat," ujar Darmawan.

Dirinya menambahkan, kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto diyakini bakal melanjutkan pembangunan ekonomi Presiden Jokowi. Tidak hanya itu, Prabowo juga bakal mempercepat dan memperkuatnya.

"Ibaratnya seperti pesawat terbang nan sedang berada di taxiway, dan sekarang saatnya lepas landas," imbuh Darmawan.

Natalia seorang Mahasiswi Saitama University asal Brazil nan datang pada peluncuran kitab ini mengungkapkan antusiasmenya. Ia merasa aktivitas ini turut menambah wawasannya mengenai perkembangan Indonesia.

"Saya sangat senang bisa datang di aktivitas ini. Apa nan saya rasakan tentang kemajuan Indonesia, semuanya terangkum dalam kitab ini. Peluncuran kitab ini juga menjadi motivasi dan wawasan baru bagi para mahasiswa di Jepang," ujarnya.

(inh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional