BUMN Janjjikan Pengembalian Dana bagi Pembeli E-Meterai Lewat Situs Peruri

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaKementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjanjikan pengembalian biaya alias refund bagi para pembeli meterai elektronik (e-Meterai) melalui situs web Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

"Tentunya jika ada kerugian di sisi pengguna nan kemudian dia sudah bayar, tapi belum tereksekusi tentu kita bakal refund, pasti," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, usai menghadiri sesi tematik Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, di Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Hal itu merespons keluhan para peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 beberapa waktu lampau nan ramai telah membeli e-Meterai, namun tidak dapat digunakan dalam arsip persyaratan pendaftaran.

Namun mengenai kapan dilakukannya refund, Kartika mengatakan bakal melakukan obrolan lebih lanjut dengan Direktur Utama Perum Peruri. Lebih lanjut, dia mengakui bahwa kesulitan peserta CASN dalam membeli e-Meterai dikarenakan lonjakan para pembeli nan mengakses website di waktu nan bersamaan. Hal ini mengakibatkan error pada server Peruri.

"Jadi memang kita terus meningkatkan kapabilitas digital kita di beragam BUMN termasuk Peruri. Peruri kan menjadi pemasok e-Meterai, memang kapabilitas kita kemarin terkendala saat terjadi antrian besar waktu orang mendaftar (CASN)," katanya lagi.

Berkaca dari perihal tersebut, Tiko mengatakan pihaknya bakal segera melaksanakan pertimbangan besar-besaran terhadap akses digital Peruri. "Memang ini kita evaluasi, kita sudah bicara dengan Dirut Peruri untuk dievaluasi, baik dalam proses pendistribusian e-Meterai maupun kapabilitas server dan keandalan daripada prasarana di Peruri sendiri," ujarnya.

Iklan

Adapun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga telah memastikan saat ini hambatan sistem e-Meterai nan sempat terjadi untuk pendaftaran CASN alias Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 sudah diatasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Prabunindya Revta Revolusi mengatakan sekarang sistem nan dikelola oleh Peruri tersebut telah pulih dan kembali bisa diakses oleh para peserta CPNS 2024. "Saat ini sudah bisa diakses kembali," kata Prabu dalam pesan singkatnya kepada ANTARA. Hal itu juga telah diumumkan langsung oleh Peruri selaku penyelenggara sistem elektronik (PSE) nan dipercaya pemerintah untuk menangani sistem e-Meterai.

Pilihan editor: Pertamina International Shipping Akan IPO pada Akhir 2025

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis