Bursa Cagub-Cawagub Aceh di Pilkada 2024: Mualem hingga Dek Fad

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 18 Jun 2024 11:20 WIB

Beberapa nama apalagi sudah mendapat support baik dari Partai Politik lokal maupun nasional untuk maju dalam kontestasi tersebut. Ilustrasi Pemilihan Gubernur Aceh 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah tokoh masuk bursa bakal Calon Gubernur Aceh jelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 nan bakal digelar pada Rabu, 27 November 2024.

Beberapa nama apalagi sudah mendapat support baik dari Partai Politik lokal maupun nasional untuk maju dalam kontestasi tersebut. Berikut CNNIndonesia.com rangkum nama-nama nan mencuat dalam bursa Pilgub Aceh.

Muzakir Manaf namalain Mualem

Ketua DPP Partai Aceh Muzakir Manaf namalain Mualem menjadi satu-satunya tokoh nan sudah mendapatkan support sebagai Bakal Calon Gubernur Aceh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu sudah resmi diusung oleh Partai Aceh untuk maju di Pilkada 2024. Partai Aceh sendiri juga tercatat mempunyai 20 bangku DPR Aceh dan bisa mengusung sendiri calon tanpa perlu koalisi.

Setidaknya tiga partai nasional juga sudah memberikan support kepada Mualem untuk maju pada Pilgub mendatang. Ketiganya merupakan PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Fadhlullah namalain Dek Fad

Sosok Fadhlullah resmi diusung oleh Partai Gerindra untuk mendampingi Mualem dalam kontestasi Pilgub 2024. Fadhlullah nan merupakan Ketua DPD Gerindra Aceh dinilai sosok ideal untuk mendampingi Mualem lantaran dianggap bisa menarik bunyi milenial.

Ketua Tim Penjaringan Cakada Gerindra Aceh Nasrul Sufi memandang Fadhlullah bakal melengkapi Mualem dan dirasa bisa memimpin Aceh. Apalagi, kata dia, Fadhlullah juga mempunyai pengalaman sebagai personil DPR RI selama dua periode dan disebut dapat menjadi penghubung antara pemerintah wilayah dengan pusat.

Mawardi Ali

Mawardi Ali tercatat bukan sosok baru di pemerintahan provinsi Aceh. Ia merupakan mantan bupati Aceh Besar periode 2017-2022.

Selain itu dirinya juga tercatat pernah menjadi personil DPR Kabupaten Aceh Besar dua periode dan terpilih menjadi personil DPR Aceh dua periode.

Mawardi nan merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Aceh diusung oleh partainya sebagai pendamping Mualem dalam Pilgub 2024.

Muslim

Ketua Partai Demokrat Aceh, Muslim juga tercatat masuk dalam bursa Cagub-Cawagub. Nama Muslim resmi diusung oleh Demokrat kepada Partai Aceh sebagai calon pendamping Mualem.

Sosok Muslim sendiri tercatat pernah menjadi personil DPR Aceh selama tiga periode sejak 2014. Sebelum menjadi personil DPR, Muslim juga sempat terpilih sebagai DPRK Banda Aceh.

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional