Bursa Calon Gubernur Jawa Barat, Demul Bima Arya Hingga Ilham Habibie

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah nama menghiasi bursa calon gubernur Jawa Barat (Jabar) di Pilkada 2024. Nama pendatang baru Ilham Habibie bersaing dengan nama beken seperti petahana Ridwan Kamil.

Selain itu ada nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya juga masuk daftar tersebut.

Berikut nama-nama nan muncul di bursa calon gubernur Jawa Barat:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ilham Habibie

Anak Presiden ke-3 RI BJ Habibie ini muncul dalam persaingan bangku Jabar satu. Dia diusung oleh Partai NasDem.

Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan pengaruh Habibie di Jawa Barat tetap kuat. Selain itu, Ilham dinilai punya keahlian apik di bagian industri strategis.

NasDem telah resmi memberi surat rekomendasi ke Ilham. Namun, mereka butuh support partai lain untuk mendaftarkan Ilham.

"Hari ini DPP Partai Nasdem bakal menyerahkan rekomendasi kepada Bapak Ilham Habibie sebagai calon gubernur alias calon wakil gubernur Jawa Barat," ucap Saan, di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

Ridwan Kamil

Politikus Golkar ini muncul sebagai nama terkuat di bursa calon gubernur Jawa Barat. Survei SMRC bulan Mei menyebut elektabilitas RK menembus 52,2 persen di simulasi 27 nama.

Cuma Dedi Mulyadi nan punya elektabilitas mendekati RK. Namun, selisih elektabilitas mereka tetap berkisar di 30 persen.

Golkar telah memberikan dua surat penugasan untuk RK menjelang Pilkada Serentak 2024. Selain di Jawa Barat, RK juga ditugaskan di DKI Jakarta.

"Ya, pokoknya RK dipersiapkan untuk melawan siapa pun lawannya," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6).

Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi alias Demul menjadi salah satu nama kuat di daftar ini. Ia pun telah mengantongi support dari partainya, Partai Gerindra.

Gerindra juga mulai menjajaki kesempatan koalisi dengan partai lain untuk mendukung Dedi. Mereka pun mulai menyandingkan Dedi dengan nama potensial.

"Ya pembicaraan-pembicaraan dengan teman-teman koalisi untuk di Jawa Barat memang lebih mengarah kepada Dedi Mulyadi dan cawagubnya Pak Bima Arya, ya," ucap Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/6).

Bima Arya

Usai merampungkan masa kedudukan sebagai Wali Kota Bogor, Bima berkeliling partai untuk mencari dukungan. Dia telah mengunjungi Golkar dan PAN untuk mendaftar penjaringan calon gubernur Jawa Barat.

Nama Bima juga telah muncul di survei-survei. Survei SMRC menyebut elektabilitas Bima tetap di nomor 1,3 persen.

"Bismillah kita bergerak menuju Gedung Sate, kita bergerak untuk Jawa Barat," kata Bima di Monumen Pahlawan Covid-19, Kota Bandung pada Sabtu (4/5).

Nama-nama lain

Ada nama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Nama politikus Partai Gelora itu muncul di survei SMRC dengan elektabilitas 0,9 persen. Elektabilitas Deddy mencapai 3,8 persen di simulasi 27 nama.

Selain itu, ada nama artis nan juga Anggota DPR RI Dessy Ratnasari. Dessy punya pendukung di dapil Jabar IV nan meliputi Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi.

Desy meraih 78.306 bunyi pada Pemilu Serentak 2024. Dia mengulang raihan pada pemilu lima tahun lalu.

"Sebagai kader, tentu kudu siap ditugaskan di mana pun," ujar Desy.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional