Puluhan TNI-Polri Cari Buaya-buaya yang Kabur dari Penangkaran Cianjur

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 04 Okt 2024 12:27 WIB

Puluhan personil campuran dari TNI-Polri menyisir kembali sejumlah tempat memastikan tak ada lagi buaya nan lepas dari penangkaran di Cianjur, Jawa Barat. Ilustrasi. Puluhan personil campuran menyisir kembali sejumlah tempat memastikan tak ada lagi buaya nan lepas dari penangkaran di Cianjur, Jawa Barat. (Istockphoto/ Saiko3p)

Cianjur, CNN Indonesia --

Tim campuran dari beragam lembaga melakukan peninjauan kembali lokasi penangkaran setelah sekitar lima ekor buaya muara lepas di Kampung Gunung Jati, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Jumat (4/10).

Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Iwan Setiawan mengatakan puluhan personil dari TNI-Polri, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, BPBD, dan Damkar Kabupaten Cianjur menyisir kembali sejumlah tempat untuk memastikan tidak ada lagi buaya nan lepas di wilayah dekat permukiman warga.

"Kita juga pasangi garis polisi agar masyarakat dan semua personil waspada lantaran ini adalah hewan buas. Tidak boleh melintas," ungkapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyebut buaya nan ada di penangkaran tersebut awalnya berjumlah kurang lebih 80 ekor. Saat ini belum diketahui jumlah pasti buaya nan berada di penangkaran.

"Tapi saat ini kita tidak bisa memastikan berapa jumlah buaya nan ada di dalam (penangkaran). Tapi nan lepas akibat jebolnya tembok kemarin, itu hanya lima ekor dan sudah dievakuasi," kata dia di letak pencarian.

Ia memastikan tidak ada buaya nan tertinggal di sejumlah aliran Sungai Margaluyu dan sungai lainnya.

"Termasuk di persawahan nan ada di sekitar penangkaran. Kita sudah lakukan ini selama dua hari terakhir tapi belum ada lagi nan ditemukan lagi," kata Iwan.

Dia menjelaskan lahan nan dijadikan penangkaran buaya sementara selebar kurang lebih 500 meter persegi merupakan milik Fujianto.

"Namun sejak 2018, penanganan, perawatan, dan pengamanannya murni tanggung jawab BBKPSDA," kata dia.

Penangkaran buaya di Jalan Perintis Kemerdekaan di Kampung Gunung Calung, Kecamatan Cianjur, Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur jebol akibat hujan deras.

Peristiwa ini menciptakan kepanikan lantaran beberapa ekor buaya penangkaran lepas dan berkeliaran permukiman warga.

(gas/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional