Cak Imin: Kehadiran Paus Jadi Pengingat Pembangunan Berkeadilan

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 21:22 WIB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebut Paus Fransiskus sebagai simbol perdamaian dan persaudaraan universal. Paus Fransiskus datang ke Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia kudu menjadi pengingat agar pembangunan di Indonesia senantiasa berkeadilan.

"Kehadiran Paus Fransiskus juga menjadi pengingat bagi kita tentang pembangunan nan berkeadilan," kata Cak Imin dalam keterangannya, Selasa (3/9).

Cak Imin meminta agar pemerintah ke depan kudu mendasarkan prinsip keadilan dalam setiap pengambilan kebijakan dan tata kelola.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengingatkan Paus Fransiskus melalui ensiklik Laudato Si pada 2015 silam menuliskan pentingnya menjaga keseimbangan pembangunan dan alam.

Cak Imin pun mengucapkan selamat datang ke Paus Fransiskus ke Indonesia. Ia menyebut Paus Fransiskus sebagai simbol perdamaian dan persaudaraan universal.

"Pastinya beliau membawa pesan kuat bagi tenun Kebhinekaan Indonesia. Ini adalah pengakuan bahwa Indonesia relatif sukses menjaga keselarasan antarumat berakidah di tengah gejolak nan terjadi di beragam bagian dunia," ucapnya.

Paus bakal berada di Indonesia selama tiga hari pada 4-6 September. Dalam kunjungan ini, dia dijadwalkan berjumpa dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara pada besok, Rabu.

Menag RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan salah satu topik nan bakal dibahas Jokowi denhan Paus adalah keberagaman serta perbincangan antar umat beragama.

Kemudian, Paus juga dijadwalkan bakal berjumpa dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Selain itu, dia juga bakal menghadiri misa agung di Gelora Bung Karno (GBK) nan digelar pada Kamis.

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional