Cak Imin soal Kepastian Gabung Koalisi Prabowo: Tunggu 20 Oktober

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menegaskan keputusan PKB bergabung ke dalam koalisi Prabowo-Gibran bakal ditentukan pada bulan Oktober mendatang.

"Masuk koalisi alias tidak, kelak kita lihat di 20 Oktober," kata Cak Imin di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (5/5).

Cak Imin mengatakan bahwa pada Oktober nantinya arah politik PKB bakal terlihat jelas dan menitipkan agenda-agenda perubahan ke presiden terpilih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di 20 Oktober, di situ bakal terlihat koalisi nan sesungguhnya kayak apa. nan krusial buat PKB hari ini adalah mengakhiri proses kejuaraan pilpres dan menitipkan agenda-agenda kepada presiden terpilih, agar agenda perubahan itu terlaksanalah," ungkapnya.

Cak Imin juga telah melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto dan memberikan masukan kepada presiden terpilih.

"Bagus menerima masukan masukan Kita untuk menjadi agenda agenda nasional," ujarnya.

Ketua DPP PKB, Daniel Johan sebelumnya menyatakan partainya belum resmi memutuskan untuk berasosiasi dengan calon pemerintahan Prabowo.

Menurut Daniel, keputusan PKB untuk berasosiasi alias berada di luar pemerintahan ke depan saat ini tetap berproses. Cak Imin tetap meminta masukan dari dari para kader dan tokoh partai.

"Kita minta izin. Mohon waktu. Karena saat ini Cak Imin sedang berkomunikasi dengan seluruh pihak untuk mendapatkan masukan," kata Daniel dalam obrolan daring Trijaya FM, Sabtu (4/5).

"Lagi berproses," imbuhnya saat diminta penegasan soal itu.

Namun begitu, lanjut Daniel, baik Prabowo maupun PKB telah saling terbuka dan mempunyai kesamaan tentang visi calon pemerintahan ke depan. Apalagi, Cak Imin juga telah menitipkan delapan poin pendapat perubahan untuk Prabowo.

Saat ini, lanjutnya, Prabowo dan Cak Imin tetap sama-sama tengah meminta masukan dengan pihak internal masing-masing. Daniel menyebut partainya juga belum mendapat tawaran spesifik untuk masuk dalam kabinet.

"Dari semangat sih sama-sama welcome ya. Meskipun kita belum telaah detail. Mungkin Pak Prabowo juga butuh waktu berkomunikasi dengan koalisi 02," katanya.

Cak Imin dan Prabowo diketahui berjumpa pekan lalu. Prabowo usai sidang putusan sengketa Pilpres di MK pada 22 April lampau langsung mendatangi instansi PKB di area Senen, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan itu, PKB menyatakan dukungannya kepada Prabowo. Dengan support PKB, Prabowo-Gibran telah mendapat support dari dua partai baru di luar koalisi, selain NasDem.

(mir/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional