Cak Imin soal Wacana KIM Plus: Semua Partai Sama di Pilkada

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 19:52 WIB

Menurut Cak Imin, koalisi di Pilkada 2024 tak melulu kudu sama dengan Pilpres 2024. Semua parpol dalam posisi nan sama. Menurut Cak Imin, koalisi di Pilkada 2024 tak melulu kudu sama dengan Pilpres 2024. Semua parpol dalam posisi nan sama. (AFP/YASUYOSHI CHIBA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menegaskan semua partai politik posisinya sama di Pilkada 2024. Artinya, partai tidak melulu terpaku pada koalisi saat Pilpres 2024.

Hal ini dia sampaikan ketika ditanya soal wacana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pilkada DKI Jakarta 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau sudah pilkada ya sudah semua pihak sama. Tidak ada KIM, tidak ada Kim Jong Un, tidak ada Kimchi, enggak ada," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/8).

Namun, Cak Imin mengaku tak tahu ihwal wacana KIM plus di Jakarta. Ia hanya menegaskan kerja sama partai di pilkada tidak berasas susunan koalisi di pilpres.

"Pokoknya bagi kami, pilkada itu semua partai sama, ada nan cocok dalam perkembangannya, itulah kita bareng," ucap dia.

Di tempat nan sama, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan pembentukan KIM plus di Pilkada Jakarta merupakan bentuk kemauan parpol untuk memulai kerjasama di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ada kemauan untuk melakukan kerjasama kerjasama dalam pemerintahan ke depan dan sebagian dimulai dari pilkada," kata Jazilul.

Ia mengatakan PKB mau Pilkada Jakarta melangkah lancar dan tanpa adanya riuh nan berarti. Namun, Jazilul mengatakan pembicaraan soal pembentukan koalisi di Pilkada Jakarta tetap cair dan dinamis.

"Tentu untuk DKI, Jateng ini kan juga tetap cair meskipun memang DPW DKI sudah tahu semua, PSI juga sudah tahu bahwa sementara ke Pak Anies," ujar dia.

Sebelumnya, nama Ridwan Kamil akhirnya disepakati Golkar dan KIM untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024. Bertalian dengan itu, muncul wacana KIM plus untuk mengusung Ridwan Kamil.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan ada tambahan beberapa partai lain nan bakal masuk KIM. Namun, dia enggan menyebut siapa parpol lain di luar KIM nan bakal bergabung.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional